caption trialgame

Ini jumlah Ideal Rim Lock Di tiap Ban!

Wednesday, 13 January 2021

Ini jumlah Ideal Rim Lock Di tiap Ban!


Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan offroad bersama motor trail, salah satu komponen yang wajib terpasang pada motor trail Anda adalah rim lock atau stoper ban. Biasanya saat beroffroad Anda akan a mengurangi tekanan angin ban untuk mendapatkan traksi lebih baik, rim lock ini berfungsi menjaga rotasi ban agar tetap seirama dengan rotasi pelek motor trail.

Selain itu, rim lock juga berfungsi melindungi pentil ban dalam biar nggak cepat jebol saat ban dalam kondisi kempis.  Memang tidak ada yang mewajibkan, namun jika motor trail Anda tidak menggunakan rim lock saat offroad maka Anda tidak bisa a mengempiskan ban dengan optimal untuk mendapatkan traksi, khususnya dalam kondisi jalur yang basah dan licin.

Motor-motor trail keluaran pabrikan memang tidak dibekali dengan rim lock oleh karena itu Anda bisa membelinya secara terpisah. Nah tapi bolehkah memasang rim lock lebih dari satu pada setiap ban? Jumlah rim lock yang terpasang harus sesuai dengan medan yang akan Anda lalui. Jika melahap lintasan yang masih didominasi aspal dengan sedikit tanah maka Anda hanya perlu memasang satu buah saja untuk setiap bannnya.

Tapi jika medannya terhitung berat seperti berlumpur dan basah serta licin, alangkah lebih baiknya untuk memasang lebih dari satu rim lock pada setiap bannya. Biasanya jika lintasannya terhitung ekstrim, maka tekanan udara di ban akan semakin dikurangi agar motor trail bisa mendapatkan traksi lebih dibandingkan biasanya.

Umunya dua rim lock sudah cukup, agar ban dalam tidak berputar namun jika dirasa perlu, tiga buah rim lock pun masih bisa dimuat pada ban motor trail. Resikonya memang membuat ban sedikit lebih berat, tapi jika medan benar-benar licin atau berbatu, pemasangan tiga buah rim lock menjadi hal yang lumrah.

comments

`