caption trialgame

Ini Komponen Tambahan Yang Wajib Ada di Motor Trail!

Tuesday, 6 April 2021

Ini Komponen Tambahan Yang  Wajib Ada di  Motor Trail!

 
Sebagian jenis Motor Trail yang beredar di Indonesia, sudah dibekali komponen motor pelengkap yang mendukung aktivitas petualangan jalur terjal namun sebagian merk yang lain masih dibekali dengan peralatan standar saja yang belum aman untuk diajak trabasan. Sehingga bagi Anda yang ingin menggunakan motor Trail sebagai alat untuk ngetrail bareng teman, penting untuk melengkapi beberapa komponen tambahan terhadap Motor Trail Anda. Apa saja sih komponen tersebut ? simak ulasannya ya.

Yang pertama ada headlight atau lampu depan. Untuk motor Trail dual sport atau motor enduro tulen biasanya secara otomatis sudah dilengkapi dengan headlight standar. Sebaiknya Anda tidak perlu melepas komponen headlight ini, sebab akan sangat berguna saat mengendarainya. Terlebih saat malam hari yang mutlak membutuhkan penerangan.

Namun ada sebagian merk motor Trail tertentu yang memang belum dilengkapi dengan komponen headlight sehingga Anda perlu menambahinya sendiri. Untuk jenis Motor Trail yang tidak dilengkapi dengan komponen headlight adalah tipe motor kompetisi atau cross country.

Selain headlight komponen lain yang perlu dipasang pada motor Trail sebelum adalah tail light atau lampu belakang yang juga tidak kalah pentingnya dalam memberikan kenyamanan pemakaian Motor Trail Anda. Kurangnya pemasangan komponen ini dapat berisiko terhadap keselamatan pengendara, sebab tail light slain sebagai penerangan bagian belakang juga sebagai isyarat ketika rider akan melakukan pengereman sehingga bisa diantisipasi oleh rider-rider yang ada di belakangnya.  Manfaat ini bukan hanya berlaku di jalur off road tetapi juga berlaku di jalur umum yang lebih rawan terjadi kecelakaan.

Tidak semua motor trail memiliki skid plate, komponen ini merupakan  pendukung yang berbentuk seperti piring dan dipasang di bagian belakang motor. Fungsi dari skid plate sendiri adalah sebagai pelindung bagi mesin motor terhadap adanya benturan benda keras atau saat motor masuk ke dalam lubangan yang cukup dalam.

Bagi sebagian jenis Motor Trail sudah dilengkapi dengan komponen skid plate standar, namun tidak sedikit juga dari Motor Trail jenis tertentu belum dibekali dengan skid plate tersebut. Lalu bagaimana dengan motor Trail yang belum dilengkapi dengan skid plate? Tentu saja Anda yang harus memasangnya sendiri untuk mengurangi resiko kerusakan terhadap motor akibat terkena benturan bebatuan atau lintasan yang cukup terjal dan dalam.

Tidak jauh berbeda dengan skid plate, hand guard biasanya juga sudah dipasang secara standar di beberapa varian motor Trail.  Demi kenyamanan dan keselamatan pengendara sangat direkomendasikan untuk menggunakan hand guard yang sudah berkualitas meski harganya lebih mahal. Sebab  hand guard ini bukan hanya berfungsi sebagai pelindung tuas rem saat crash dan tuas kopling saja, tetapi juga berfungsi untuk melindungi tangan dari sabetan ranting-ranting pohon yang ada di ada di sekitar jalur off road Anda. Meksi ranting-ranting pohon  dan ranting semak berukuran kecil, namun saat bersentuhan dalam keadaan motor yang melaju kencang, ranting-ranting kecil ini juga bisa  menimbulkan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan pemakaian Motor Trail Anda.

Pada motor Trail sangat penting untuk tetap menjaga suspensi agar tetap berada pada kualitas prima. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang fork guard atau pelindung suspense depan.  Tidak dapat dipungkiri jenis motor Trail ini sangat terbiasa untuk bersentuhan dengan debu, lumpur dan berbagai kotoran lainnya. Tanpa dilengkapi dengan komponen fork guard, kotoran-kotoran tersebut dapat menempel di setiap bagian Motor Trail yang dapat menimbulkan efek negatif seperti jebolnya seal fork.

Jika seal fork jebol secara otomatis akan mengganggu kenyamanan terhadap pemakaian motor. Baik menggunakan suspense teleskopik atau upside down sebaiknya tetap dilengkapi dengan komponen fork guard pada Motor Trail Anda. Nah gimana? Apakah motor trail Anda sudah memiliki beragam kelengkapan seperti di atas?

comments

`