caption trialgame

Ini Lho Sparepart Yang Harus Diperhatikan Setiap Saat

Tuesday, 30 May 2023

Ini Lho Sparepart Yang Harus Diperhatikan Setiap Saat


Melakukan perawatan rutin menjadi penting bagi motor trail Anda, apalagi jika motor trail digunakan secara harian. Banyak onderdil yang juga perlu untuk diganti secara berkala. Jika terdapat bagian yang sudah tidak lagi layak, sebaiknya jangan tunda untuk menggantinya. Keadaan motor yang kurang baik, dapat berdampak buruk bagi pengguna jalan lainnya. Penting bagi semua pengendara kendaraan untuk saling menjaga. Oleh sebab itu, keadaan motor pun menjadi penting untuk keselamatan bersama.

Mengetahui semua komponen motor mungkin hal yang sulit bagi Anda. Namun, terdapat berbagai komponen yang menjadi penting untuk Anda ketahui. Dengan pengetahuan tersebut, Anda dapat menjaga performa motor Anda.  Jadi, spare part apa saja yang penting untuk diketahui? Apa saja fungsinya? Lalu, bagaimana cara kerja dan perawatannya? Simak ulasannyaya. .

Yang pertama adalah ban. Spare part motor yang sangat terlihat dan pastinya sudah Anda ketahui yakni ban. Ini merupakan bagian yang tumpu dari berat motor dan berfungsi untuk membantu jalannya motor. Ban merupakan suku cadang yang sangat penting bagi motor, sehingga penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan berkala. Pastikan selalu bahwa ban motor berada dalam kondisi baik, tidak kempes, bocor, atau aus.

Secara umum, penggantian Ban dilakukan sekali dalam setahun. Namun, penggantian ini juga dapat tergantung dari pemakaiannya. Jika Anda sering melewati jalan yang kondisinya kurang baik, kondisinya harus lebih diperhatikan. Ketika kondisi ban sudah mulai aus atau mengalami retakan, sebaiknya segera diganti, sebab hal tersebut dapat berbahaya bagi perjalanan Anda.

Aki merupakan spare part motor yang bertugas untuk menyalurkan daya sehingga mesin dapat menyala dengan baik. Dengan kata lain, aki memiliki fungsi untuk melakukan operasi terhadap sistem kelistrikan dalam motor Anda.

Jika jenis motor Anda adalah yang memakai aki basah, Anda harus rutin memeriksa kondisi aki tersebut. Selebihnya, jika motor memakai aki kering, penggantian aki biasanya dilakukan dalam satu setengah hingga dua tahun sekali. Penggantian aki juga dipengaruhi oleh penggunaan motor. Ada baiknya hal ini menjadi perhatian pada setiap pemeriksaan rutin (servis).

Oh iya jangan lupakan peran busi juga ya. Fungsi dari busi yakni sebagai pemantik api supaya pembakaran dalam mesin dapat bekerja sesuai kendali. Jika busi sudah terlihat kotor, maka sebaiknya Anda segera menggantinya. Bagian ini sangat perlu untuk diperhatikan. Jika busi bermasalah, mesin dari motor Anda pun tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal. Secara umum, biasanya busi diganti setelah motor telah menempuh jarak 20 ribu kilometer dan 50 ribu kilometer.

Spare part motor selanjutnya yakni kampas rem. Ini berfungsi untuk melakukan kontrol terhadap kecepatan, juga untuk menghentikan motor. Biasanya, kampas rem diganti ketika motor telah menempuh hingga jarak 20 ribu kilometer. Namun, jika kampas rem sudah aus atau terlihat makin menipis, sebaiknya Anda juga segera menggantinya.

Kampas rem merupakan komponen yang penting dan sangat vital bagi  motor, sebab sangat berhubungan dengan keselamatan pengendara.Anda mungkin sering mendengar berbagai kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh rem, misalnya karena rem blong. Hal ini menunjukkan betapa bahayanya jika kampas rem tidak berjalan sesuai fungsinya.

Dan yang terakir adalah filter motor. Sesuai dengan namanya, filter motor berfungsi untuk melakukan penyaringan dari udara di luar supaya udara kotor atau debu tidak masuk ke bagian mesin motor. Komponen ini memiliki usia pakai yang terbilang rendah jika dibandingkan dengan mayoritas bagian sebelumnya. Namun, ini juga tergantung dari penggunaan motor serta jenis filter yang dipakai.

Jika tidak diganti secara rutin, maka bisa membuat suara berisik ketika mesin berfungsi. Hal ini dikarenakan bisa saja terdapat kotoran atau debu yang menyangkut, sehingga sirkulasi menjadi tidak baik. Penggantian secara berkala diperlukan sehingga mesin motor dapat berfungsi dengan maksimal tanpa adanya gangguan dari debu luar.

Itulah spare part motor Anda yang perlu diketahui. Sangat penting untuk selalu menjaga kualitas berbagai onderdil tersebut sehingga performa dan keamanan Anda ketika berkendara akan terjaga. Memiliki berbagai pengetahuan terkait onderdil juga menjadi hal yang baik bagi Anda. Jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang dirasa kurang sesuai, Anda jadi dapat langsung mengetahuinya.

comments

`