caption trialgame

Ini Penyebab Air Radiator Meyembur

Sunday, 15 September 2019

Motor trail yang menggunakan pendingin radiator agar suhu mesin tetap terjaga, wajib diperhatikan lebih.Karena jika tidak diberi perawatan lebih, bisa banyak penyakit yang diidap oleh radiator. Seperti air radiator menyembur keluar dengan sendirinya.

Paling umum, air radiator menyembur keluar melalui slang pembuangan di reservoir ketika motor sedang digunakan.Masalah utamanya air menyembur keluar karena suhu yang terlalu panas pada mesin ketika bekerja.Hal ini membuat air radiator menguap atau bahkan mendidih. Kalau terjadi penguapan otomatis akan ada tekanan udara besar di radiator dan tabung reservoir. Nah, tekanan itu yang mendorong air keluar dari slang pembuangan.

Hal ini sebenarnya bukan masalah besar dan merupakan hal yang lumrah. Apalagi jika memang suhu mesin sudah tinggi. Utamanya air radiator harus keluar sendiri bukan karena sebab lain. Melakukan modifikasi ekstrem pada mesin bisa membuat mesin menjadi overheat , sehingga thermostat macet dan saluran air radiator tersebut. Nah hal-hal ini bisa membuat reservoir air radiator tumpah atau menyembur keluar.

Oh iya jangan lupa untuk mengecek kondisi tutup radiator. Biasanya piranti ini adalah penyebab utama air radiator keluar sendiri dari tabung reservoir.Kebanyakan karena terjadi kerusakan pada relief valve yang ada di tutup radiator.Kerusakan ini bikin valve lebih cepat membuka sebelum tekanan yang seharusnya. Efeknya air radiator lebih cepat dialirkan ke reservoir dan bikin tumpah.

Terakhir adalah kipas radiator yang rusak juga jadi bisa menjadi penyebab air radiator tumpah dengan sendirinya.Kipas yang rusak bikin suhu air radiator saat mesin bekerja sulit diturunkan. Efeknya air radiator akan terlalu panas yang membuat tekanan sehingga air radiator mengalir ke reservoir. Tapi tidak semua motor trail menggunakan tambahan kipas pada sistem radiator.

Nah jika motor trail anda mengalami kejadian di atas, jangan lupa untuk menambahkan cairain kembali ke tabung reservoir ya. Anda tidak ingin jika ternyata radiator Anda kering tanpa ada cairan pendingin bukan? Karena membiarkan radiator kering sudah pasti akan membuat motor trail Anda harus mengalami servis besar.

Image credit : jdk.com.au

comments

`