caption trialgame

Ini Penyebab Handling Motor Trail Tidak Stabil

Friday, 28 February 2020

 

Bagi Anda yang biasa menggunakan motor trail untuk berpetualang dan kegiatan sehari-hari pasti akan menemukan situasi dimana handlebar atau stang motor terasa goyang dan tidak stabil. Maklum saja, jika sering dipakai berpetualang, dan sering atau pernah jatuh biasanya akan ada sensasi seolah stang motor tidak stabil.

Biasanya jika pernah terjatuh, ada kemungkinan stang mengalami bengkok sehingga menimbulkan penyakit tadi. Namun jika ternyata stang dalam kondisi normal, pasti ada penyebab lainnya yang membuat terjadinya kondisi ini.

Mengendarai motor trail dengan stang tidak stabil atau terasa goyang hal itu justru lebih beresiko, dan membahayakan keselamatan pengendaranya.Karena itu jika mengalami masalah pada setang yang kurang nyaman saat digunakan, ada baiknya melakukan berbagai pemeriksaaan. Bagian apa saja sih yang perlu diperiksa? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah memeriksa kondisi ban. Untuk yang paling mudah coba periksa kondisi ban motor apakah sisi-sisi permukaan ban rata atau tidak, lalu periksa tekanan angin apakah sesuai dengan ukuran.Selain itu, periksa tambalan ban karena tambalan ban yang kurang baik dapat menimbulkan benjolan. Segera ganti apabila menemukan ban yang sudah menimbulkan benjolan karena dapat membahayakan pada saat dikendarai.

Nah lanjutkan dengan memeriksa kondisi pelek. Periksa pelek roda apakah ada bagian yang bengkok dan retak. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara menggunakan standar dua, kemudian putar ban dan lihat gerakan roda.Jika ada bagian yang goyang berarti ada bagian pelek yang bengkok. Dan untuk yang retak lebih baik segerakan ganti dengan pelek yang baru.

Oh iya bearing roda juga harus diperiksa untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik. Bearing roda terdapat di tengah roda dan berhubungan langsung dengan roda. Periksa bearing roda apakah ada bantalan peluru yang pecah. Bila rusak atau oblak harus segera diganti.Untuk memeriksanya caranya adalah dengan menggoyang roda ke kiri dan ke kanan. Apabila terasa oblak berarti bearing roda memang harus diganti.

Setelah itu lanjut pemeriksaan ke bagian kaki-kaki lainnya yaitu shockbreaker. Fungsi penting shockbreaker diantaranya adalah menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang untuk membuat berkendara semakin nyaman dan nikmat.Shockbreaker juga berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan. Tabrakan dan bekas jatuh biasanya menghampiri rusaknya shockbreaker ini sehingga posisi shock tidak presisi atau lurus.Penyebab lainnya yaitu akibat tidak solid atau rapat-nya karet bantal shockbreaker. Bawa ke bengkel terdekat untuk diperiksa lebih jelas terkait kerusakan shockbreaker

Jika pada bagian kaki-kaki dirasa aman, lanjutkan untuk memeriksakan pada bagian handling. Yang pertama adalah periksa komstir. Komstir terdapat di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Komstir ini berfungsi memegang peranan dalam pengendalian. Usia pemakaian yang sudah lama akan berakibat komstir terasa oblak, susah digerakkan, terasa kasar dan belok kurang.Kerusakan komstir ini biasanya adalah mangkuk-mangkuk dan bola-bola besi yang telah aus. Sebaiknya diganti dan usahakan membeli sparepart yang baru karena ini sangat penting dan bisa bertahan lama.

Jangan lupa lupa untuk mengecek segitiga dudukan stang. Periksa segitiga dudukan setang motor yang menghubungkan antara setang dengan shockbreaker. Biasanya sering terjadi ketidaksejajaran antara garpu kiri dan kanan.Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara meluruskan pada tempat yang rata atau datar dengan mengukur menggunakan fuller. Apabila ditemukan ketidaksejajaran sebaiknya bawa segitiga tersebut ke tukang press untuk diperbaiki.

comments

`