caption trialgame

Ini Penyebab Kipas Radiator Mogok Muter!

Wednesday, 16 June 2021

Ini Penyebab Kipas Radiator Mogok Muter!


Kendati tidak banyak, namun ada beberapa jenis motor trail di Indonesia yang masih menggunakan radiator sebagai salah satu komponen pendingin mesin. Komponen ini memiliki fungsi penting terhadap suhu mesin kendaraan. Oleh karena itu, bagi Anda pemilik kendaraan bermotor untuk merawat radiator dengan baik. Pasalnya ada beberapa kejadian seperti radiator tidak berputar dan itu mengakibatkan mesin cepat panas. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal, dan salah satunya adalah kipas radiator yang tidak berputar. Nah ada beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi, apa saja sih ? simak ulasannya.

Secara logika kipas akan berputar jika terdapat komponen penggeraknya yakni fan belt, sehingga viscous  atau kipas dapat berputar. Nah, apabila fan belt rusak atau putus maka itu bisa menjadi penyebabnya kenapa kipas tidak berputar. Kerusakan pada visco fan juga bisa menyebabkan sulitnya kipas berputar, karena komponen ini terletak pada bagian tengah balik-balik.

Sekring merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai pengaman beberapa rangkaian elektrikal. Melihat fungsi sekring ini, maka dapat dipastikan apabila sekring terputus dan mati otomatis aliran listrik terputus dan menyebabkan beberapa komponen kipas radiator tidak berfungsi.

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan salah satu kabel yang terhubung dengan radiator terputus, sehingga kipas tidak bisa berputar seperti biasanya. Jadi cukup pastikan saja apakah jalur kabel tidak ada yang putus atau rusak, sehingga dari sana Anda bisa mendeteksinya.

Kipas radiator akan berputar apabila motor penggerak bekerja dengan baik, tetapi jika terdapat kerusakan maka hal ini bisa menjadi penyebab kipas radiator mati. Jika komponen motor kipas pendingin rusak, maka akan terhubung langsung dengan sekring yang menyebabkan rusak atau mati.

Kipas dapat berputar dengan adanya dukungan fan control module, jika fan control module mengalami kerusakan. Maka dapat dipastikan jika ini menjadi penyebab kipas radiator rusak. Jadi, Anda harus mengecek fan control module terlebih dahulu apakah masih berfungsi normal atau tidak.

Penyebab berikutnya adalah Coolant Temperature Sensor yang rusak, komponen ini memang memiliki peran cukup penting. Pada dasarnya Coolant Temperature Sensor memiliki fungsi untuk mengukur suhu pendingin mesin pembakaran internal.

Kipas radiator bisa menjadi penyebabnya apabila mengalami kerusakan atau jebol, hal tersebut biasanya terjadi karena sil olinya rusak. Dengan demikian kipas tidak bisa berputar meskipun suhu sudah melebihi batas sesuai dengan pengaturan pada radiator motor.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa kipas radiator motor tidak berputar, maka Anda bisa melakukan pengecekan dari komponen-komponen yang bermasalah diatas. Apabila sudah mengetahui penyebabnya, baru Anda bisa mencari solusinya apakah diganti dengan komponen yang baru atau memperbaikinya.

 

comments

`