caption trialgame

Ini Penyebab Persneling Motor Trail Keras

Thursday, 5 March 2020

 

Sebagian besar dari Anda tentu pernah mengalami saat saat sedang asyik melaju tiba-tiba gigi persneling terasa berat dan keras. Tentu, kondisi seperti ini bisa membahayakan bagi pengendaranya, apalagi ketika sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi. Apa sih yang menyebabkan hal ini terjadi?

Penyebab gigi persneling motor keras yang pertama yaitu dikarenakan setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang kurang pas. Pasalnya, pengaturan spelling atau jarak renggang pada tuas persneling ini memiliki settingan yang akan berdampak pada akselerasi motor. Di mana ketika diatur dengan ukuran sempit maka perpindahan giginya akan terasa lebih empuk tetapi untuk tarikan akselerasinya menjadi sedikit lambat.

Begitu juga dengan sebaliknya, jika ukuran tuas persneling terlalu renggang maka perpindahan gigi akan mengalami kesulitan. Sebab, pada saat tangkai kampas belum mencapai posisi maksimal namun justru tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi.

Selain itu, kerusakan yang terjadi pada arm pendorong kopling pun juga merupakan salah satu penyebab gigi persneling motor keras. Sebab, jika komponen yang satu ini rusak maka gigi persneling pun akan terasa susah dan sulit untuk berpindah meskipun mur-baut spelling sudah diatur dengan benar.

Nah, penyebab lain yang juga menjadikan persneling menjadi keras adalah plat kopling yang sudah rusak. Biasanya, komponen yang satu ini jika sudah rusak dan perlu diganti, umumnya akan terlihat melengkung yang akan membuat kerenggangan antara kampas kopling koplight menjadi kurang maksimal. Sehingga, gearbox pun yang kondisinya masih berputar justru akan membuat tangkai pemindahnya menggeser drum pada pemindah gigi.

Tidak berfungsinya cluth cover juga menjadi salah satu penyebab gigi persneling motor keras. Pada umumnya, tanda-tanda komponen ini rusak bisa diketahui dari timbulnya suara kasar ketika pemindahan gigi transmisi.

Selain keempat penyebab gigi persneling motor keras yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan perpindahan gigi persneling terasa berat. Antara lain seperti motor dipaksa membawa beban berat, setelan kopling handle yang kurang sesuai, kampas kopling yang mulai menipis, kabel kopling berkarat dan terlalu kaku.

Namun, dari sekian penyebab gigi persneling motor keras yang sering ditemukan, penyebab yang paling sering ditemukan yaitu setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang kurang pas, setelah arm pendorong kopling dan plat kopling rusak serta cluth cover yang tak berfungsi. Maka, untuk dapat melakukan perbaikan dengan benar, Anda harus cermat dalam mendeteksi penyebab gigi persneling motor keras tersebut.

Lantas apa yang harus dilakukan? Sabar, ulasan mengenai solusinya akan kami bahas pada tulisan kami selanjutnya ya. jadi pantengin terus trialgame.id ya

comments

`