caption trialgame

Ini Penyebab Velg Motor Trail Goyang

Thursday, 24 December 2020

Ini Penyebab Velg Motor Trail Goyang


Motor Trail yang digunakan di medan offroad biasanya akan menggunakan pelek jari-jari atau spoke wheel (SP) ketimbang pelekpalang.  Adapun keunggulan pelek jadi-jari yekni lebih fleksibel ketimbang pelek palang. Selain itu  pelek jari-jari lebih mudah dan fleksibel saat menghadapi trek licin akibat hujan. . Karena kalau waktu main hujan ban sedikit dikempiskan dan stopper ban dikencangkan agar ban dalam tidak rusak dan ban luar tidak keluar dari pelek.

Nah tapi pernahkah Anda merasa jika pelek jari-jari motor Anda terasa oleng atau goyang? Biasanya hal ini dirasakan bagi mereka yang juga menggunakan motor trail untuk kegiatan harian. Solusinya jika dirasa oleh tentu adalah menyetel kembali pelek tersebut. Biasanya kisarannya antara 15 hingga 50 ribu rupiah untuk satu pelek. Tapi jika Anda rutin harus menyetel pelek setiap bulan atau parahnya setiap minggu, berarti ada yang salah pada pelek jari-jari motor Anda.

Banyak faktor yang menyebabkan pelek jari-jari motor oleng atau geol. Salah satunya adalah karena ring yang tidak berkualitas, jari-jari yang tidak berkualitas, dan yang paling sering terjadi adalah tromolnya yang tidak berkualitas

Khusus untuk kasus yang terakhir, rasanya tidak salah bila disebut tromol pada pelek  banyak dijadikan biang keladi atas seringnya pelek  jari-jari oleng. Lah kenapa? Pelek jari-jari motor oleng atau geol biasanya terjadi karena pada tumpuan pelek yang tidak kuat menahan beban.

Dalam kasus ini, tromol yang mejadi sorotan karena jujur saja, ketimbang ring pelek, tromol lebih menahan beban yang lebih besar.  Bahan dari tromol yang tidak berkualitas, atau bahkan umur dari tromol pelek velg yang sudah tua bisa jadi penyebab motor terasa oleng atau goyang.

Saran dari kami sih gunakan tromol yang berkualitas, lebih baik lebih mahal sedikit ketimbang harga murah tapi tiap bulan harus distel jari-jarinya. Ring pelek  yang berkualitas serta jari-jari yang berkualitas memang penting, namun jangan lupakan tromolnya. Karena banyak kasus, si tromol ini sering terlupakan sehingga banyak pemodif motor yang acuh akan tromol pelek jari-jarinya. Hasilnya adalah tentu pelek jari-jari motor cepat oleng atau goyang.

comments

`