caption trialgame

Ini Resiko Terparah Jika Lalai Ganti Oli!

Tuesday, 22 June 2021

Ini Resiko Jika Lalai Mengganti Oli


Oli merupakan komponen penting dalam kendaraan sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan pendingin mesin. Hal ini dimaksudkan agar kendaraan tidak rusak dan tahan lama. Dengan banyaknya fungsi oli bagi kendaraan, maka dapat diketahui bahwa oli harus dirawat dengan baik.

Volume oli dalam kendaraan, termasuk motor, akan terus berkurang. Cepat atau lambatnya pengurangan volume cairan tersebut tergantung pada intensitas pemakaian kendaraan. Oleh sebab itu, hindari telat ganti oli karena dapat menyebabkan dampak buruk bagi motor trail Anda.

Lalu apa saja sih resikonya jika malas mengganti oli? Yang pertama tentu adalah suara dan getaran yang Bikin Tidak Nyaman

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa salah satu fungsi oli yaitu sebagai pelumas mesin. Dengan demikian, gesekan antara mesin akan berkurang. Oleh sebab itu, cairan oli yang sudah kotor ataupun kering akan membuat mesin harus bekerja lebih keras dengan gesekan yang lebih besar, sehingga menimbulkan suara dan getaran dari motor yang membuat Anda tidak nyaman.

Selain menjadi kering, oli yang tidak diganti juga akan kotor sehingga menjadi kental. Kentalnya oli pada motor membuat mesin tidak luwes dalam bekerja atau menjadi berat. Oleh sebab itu, gantilah oli pada waktu yang tepat agar mesin motor Anda tetap licin dan dapat berkinerja dengan baik.

Mesin yang berat sehingga harus bekerja lebih keras akibat keringnya atau kotornya oli pada kendaraan akan membutuhkan tenaga yang lebih besar pula. Hal ini kemudian menguras bahan bakar lebih banyak untuk memenuhi tenaga yang diperlukan tersebut.

Selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Karenanya, telat ganti oli akan menyebabkan overheating atau panas berlebih pada mesin motor Anda. Jika masalah tersebut dibiarkan, maka lama-lama akan menimbulkan kerusakan pada mesin, misalnya seperti silinder sebagai tempat pembakaran akan menjadi melengkung.

Fungsi oli yang selanjutnya adalah sebagai pelindung mesin, sehingga mempunyai andil yang besar untuk menjaga keawetan mesin. Telat ganti oli akan menyebabkan usia mesin motor lebih pendek dari yang seharusnya. Mesin yang rusak akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memperbaikinya.

Motor yang tiba-tiba mati di tengah jalan kemudian sulit didorong akibat ban macet tentu akan merepotkan dan membuat Anda malu. Permasalahan ini disebut piston ngancing, yang dapat disebabkan oleh panas berlebih pada mesin motor akibat oli yang sudah habis.

Turun mesin dapat disebabkan oleh mesin kendaraan yang rusak akibat oli tak diganti telah menjalar ke komponen lain. Turun mesin membutuhkan biaya yang tidak murah, sehingga telat ganti oli harus dihindari atau biaya perawatan yang dikeluarkan akan jauh lebih banyak.

 

Sekarang, Anda telah mengetahui bahwa telat ganti oli dapat menyebabkan berbagai kerusakan materi pada motor. Banyak di antara dampak buruk tersebut yang akan membuat Anda malu dan kerepotan, misalnya ketika motor mogok di tengah jalan yang sedang macet. Selain itu, kerusakan akibat oli yang kering atau kotor membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memperbaikinya. Oleh sebab itu, gantilah oli secara teratur dan tepat waktu agar motor kesayangan Anda tidak akan rusak dan tahan lama.

comments

`