caption trialgame

Ini Sebab Karburator Motor Trail Kotor

Tuesday, 3 March 2020

 

Sebagai pemilik motor trail yang menggunakan karbutaror, Anda harus tentu mengetahui cara membersihkan karburator yang benar. Sebab, karburator merupakan komponen pada mesin motor yang berfungsi untuk menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran.

Akan tetapi, jika komponen karburator ini jarang atau bahkan sama sekali tak pernah dibersihkan maka akan mengganggu kinerja mesin sehingga jangan kaget jika mesin menjadi tersendat-sendat. Nah sebelum kita membahas mengenai cara membersihkan karburator, rasanya perlu dijabarkan beberapa penyebab karburator kotor, sehingga Anda bisa mengantisipasi jika terjadi pada motor trail Anda.

Penyebab karburator motor kotor yang pertama yaitu karena pegas kehilangan kelenturan. Masalah menurunnya tingkat kelenturan yang terjadi pada pegas yang satu ini memang bisa dibilang sangat sering ditemukan. Umumnya, hal tersebut disebabkan seiring dengan bertambahnya usia pemakaian atau pun karena salah perlakuan, seperti terlalu sering mengotak-atik karburator maupun bongkar pasang secara tidak tepat. Sehingga, akan memudahkan kotoran masuk.

Selain itu, penyebab karburator motor kotor yang lainnya yaitu terlalu banyak kotoran pada klep motor. Pasalnya, tumpukan kotoran yang mengendap dan jarang dibersihkan ini akan menyebabkan klep tidak bisa tertarik dengan maksimal alias seret ketika pengguna motor menarik tuas gas. Sehingga akan mengakibatkan pasokan bahan bakar yang disalurkan ke ruang pembakaran pun juga tidak menjadi maksimal.

Nah, apabila Anda menemui gejala seperti itu maka Anda pun juga harus selalu lebih waspada dan berhati-hati dalam membersihkan kotoran yang ada. Sebab, jika proses pembersihan pada klep ini tidak tepat maka posisi pegas pun justru akan tergeser. Meskipun hanya sedikit bergeser, namun pengaruhnya terhadap proses buka tutup klep cukup besar dan menyebabkan kegagalan fatal pada proses kinerja mesinnya. Maka dari itu, hindari pembersihan menggunakan amplas. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk memoles dan membersihkan klep dengan hati-hati agar kotoran yang menempel hilang semua.

Penyebab karburator motor kotor yang terakhir yaitu adanya kebocoran yang terletak pada bagian membran. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa piranti membran ini merupakan salah satu komponen yang berbahan karet yang terletak di bagian karburator vakum dan memiliki peran sangat penting. Sehingga, wajar jika semua produsen motor pun telah melarang keras untuk membuka piranti membran yang satu ini.

Namun, terkadang membran ini mengalami kebocoran yang umumnya dikarenakan terlalu sering mengotak atik bagian karburator dan tidak berhati-hati. Selain itu, pemasangan membran yang salah pun bisa menjadikan piranti ini menjadi bocor sehingga akan berpengaruh pada karburator mesin. Bahkan, karena terkena zat kimia pun bisa membuat membran menjadi keras sehingga akan membuat lubang venturi tidak bisa terbuka secara maksimal. Tentu, hal yang satu ini harus diperhatikan karena efek dampaknya sangat besar.

Nah lantas, bagaimana dengan langkah-langkah efektif untuk membersihkan karburator? Tahan dulu ya, kita akan ulas pada artikel Trial Game selanjutnya.

comments

`