caption trialgame

Ini Tanda Motor Trail Harus Turun Mesin

Tuesday, 16 June 2020

Ini Tanda Motor Trail Harus Turun Mesin


Sebagian orang masalah terbesar dari kerusakan motor adalah turun mesin.  Status motor turun mesin selalu menjadi persoalan negatif bagi masyarakat, gak heran jika kemudian pertanyaan “pernah turun mesin gak?” selalu menyeruak saat orang sedang mencari motor bekas.

Sebenarnya turun mesin adalah istilah yang dipakai untuk membongkar mesin motor untuk diperbaiki dengan menurunkan mesin guna memperbaiki permasalahan yang kompleks pada motor tersebut. Jadi banyak yang salah kaprah yang mengganggap motor turun mesin adalah motor yang memiliki kondisi mesin yang parah.  

Justru ketika motor mengalami turun mesin harusnya bersifat positif, karena jika sudah dipebaiki akan memiliki performa lebih baik lagi seperti baru. Setiap motor memiliki usia mesin sendiri, jadi jika turun mesin pasti akan diganti komponen yang rusak sehingga memiliki performa yang baru lagi. Lantas apasih ciri-ciri motor trail yang harus mengalami turun mesin?

Gejala yang pertama yaitu motor trail mengeluarkan asap putih yang berlebihan pada motor trail 2-tak, asap yang keluar lebih banyak daripada yang biasanya. Nah asap putih yang keluar dri knalpot motor disebabkan oleh oli mesin yang ikut terbakar pada ruang bakar.

Kedua, dapat ditandakan dengan suara yang kasar. Suara kasar pada motor dapat menjadikan penanda oli pada mesin sudah benar-benar habis dan kering. Selain itu, suara kasar pada motor juga disebabkan oleh gesekan antar komponen sehingga menjadi suara agak keras serta lebih kasar.

Ciri-ciri yang ketiga adalah motor menjadi sulit dihidupkan. Disebabkan oleh oli yang merembes kemudian masuk ke ruang bakar hingga membasahi busi. Busi basah tersebut mengakibatkan motor tidak bisa dihidupkan atau busi menjadi mati.

Dan yang keempat  adalah  tenaga motor akan berkurang drastis. Jika Anda menggunakan motor tetapi tenaga motor tidak semaksimal biasanya itu menjadi ciri-ciri turun mesin. Tenaga menurun disebabkan oleh blok ruang bakar baret atau ring seher melemah dengan itu, otomatis kompresi pembakaran akan bocor serta mengakibatkan tenaga yang dihasilkan akan berkurang.

Jangan khawatir, biasanya setelah turun mesin kondisi motor akan kembali sehat seperti sedia kala. Sebenarnya ada beberapa tips dan trick untuk menjaga motor trail yang baru turun mesin agar tetap dalam kondisi prima, tapi ulasan itu akan kita bahas pada tulisan berikutnya ya.

comments

`