caption trialgame

Ini Tanda Motor Trail Injeksi Anda Bermasalah!

Tuesday, 20 July 2021

Ini Tanda Motor Trail Injeksi Anda Bermasalah!


Motor trail injeksi sudah semakin marak peredarannya di Indonesia. Beragam produsen ramai meluncurkan beragam jenis motor trail injeksi demi kepuasaan para penggila motor garuk tanah ini. Hal itu tentu tak lepas dari kelebihan motor dengan teknologi injeksi. Yang mana teknologi injeksi tersebut berperan utama dalam menjamin efisiensi konsumsi bahan bakar.

Di samping memiliki kelebihan, tentu motor trail injeksi sudah pasti tak akan lepas dari berbagai masalah yang ada. Yang mana, masalah yang terjadi pada kendaraan bermotor tersebut terjadi karena beberapa faktor. Seperti soal bagaimana perawatan, usia, dan intensitas pemakaian daripada motor itu sendiri .Nah, terkait soal injeksi pada motor trail , ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya gejala yang menunjukkan bahwa ada masalah pada motor injeksi Anda. Jika Anda tak mengetahui atau tak mengenal apa saja tanda-tandanya, bila dibiarkan saja maka akan berpotensi memicu kerusakan yang fatal. Mau tahu apa saja indikasi kerusakan pada motor trail injeksi? Simak ulasannya ya.

Tanda pertama yang paling mudah diketahui bila motor trail injeksi bermasalah, bisa dilihat dari sistem operasional starternya. Jika motor trail Anda sulit dinyalakan, maka ada dua faktor penyebabnya yaitu busi atau pada sistem injektornya. Bila busi tak bermasalah maka sudah pasti penyebabnya terletak di sektor injektornya yang mengalami kendala.  Kurangnya asupan bensin yang disuplai oleh injektor ke ruang bakar bisa menjadi sebab sepeda motor susah untuk distarter terutama pada keadaan dingin.

Indikasi lain yang menunjukkan bahwa ada masalah pada sistem injeksi mesin motor bisa diketahui dari mesinnya. Umumnya, masalah pada injektor mesin akan memberikan sinyal dari seringnya mesin motor yang tiba-tiba brebet. Terutama saat gas motor digeber dalam kondisi rpm tinggi. Kondisi seperti ini pada umumnya tak bisa dilepaskan dari keadaan kurangnya suplai bahan bakar yang tidak maksimal masuk ke ruang pembakaran. Kurangnya suplai bahan bakar ini tentu tak bisa dilepaskan dari injektor motor yang mengalami masalah. Sehingga, Anda perlu mewaspadai bila motor tiba-tiba mengalami kendala brebet, terutama ketika digeber atau digas menaiki medan yang menanjak.

Kondisi lain yang mengindikasikan bila ada masalah pada injektor, bisa juga diketahui dari kondisi motor yang mati secara mendadak. Dampak dari adanya kendala pada injektor yang semakin parah tersebut, tentu saja ke depannya akan berpengaruh pada kondisi selenoid yang membuka dan menutup menjadi tidak berfungsi normal. Dengan begitu maka pada saat selenoid menutup aliran bensin ke ruang bakar menjadi tidak ada dan motor bisa mati mendadak.

Ini yang menjadi penyebab utama kenapa kenapa mesin motor menjadi mati secara mendadak seolah tanpa sebab.Oleh karenanya, jika kondisi ini berulangkali terjadi, sebaiknya bawa motor ke bengkel dan cek secara detail untuk mengetahui kondisi terbaru.

Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mengeluarkan asap dairi knalpot dengan warna yang pekat, itu menandakan bahwa bahan bakar tidak mampu diolah dengan sempurna. Biasanya, pembakaran yang kurang sempurna seperti ini tak bisa dilepaskan dari suplai bahan bakar dari injektor terlalu banyak. Adanya suplai bensin yang berkesinambungan tanpa kontrol seperti ini tentu saja memicu proses pembakaran dalam ruang mesin menjadi bermasalah. Tentu hal itu tak bisa dilepaskan dari banyaknya kapasitas bensin yang masuk. Akibatnya, menimbulkan asap yang berwarna pekat. Ini menjadi indikasi jika ada masalah pada sistem injeksi pada motor yang perlu mendapatkan perbaikan menyeluruh.

Selain itu, tanda jikalau ada masalah pada sektor permesinan mesin motor injeksi tentu tak bisa dilepaskan dari adanya kendala pada sektor mesin motor. Dimana, kendala tersebut tak hanya sulit dihidupkan melainkan mesin motor juga mengalami mogok dan sama sekali tak bisa dihidupkan. Baik menggunakan starter maupun engkol. Hal ini sudah pasti ada masalah di antara busi dan sistem injektor yang tidak ada keseimbangan di antara keduanya. Sehingga, bisa dipastikan bakal sangat memicu terjadinya masalah demikian.

Sebenarnya, gejala dini yang bisa diketahui bila ada masalah pada mesin motor injeksi ini ditengarai dari motor yang tiba-tiba terasa berat ketika digas. Akselerasi yang lambat dan terasa seperti ban bocor (padahal tidak), menandakan bahwa ada masalah awal pada motor injektor tersebut.

Bila Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda bisa melakukan tindakan preventif terlebih dulu dengan melakukan pengecekan di beberapa komponen permesinan. Seperti oli mesin, busi, dan sistem kelistrikan. Namun, bila diketahui beberapa komponen tersebut dalam keadaan baik-baik saja, maka ini menunjukkan bahwa masalah ada pada sektor sistem injektornya.

Tanda lain yang bisa Anda ketahui adalah dari suara mesin motor itu sendiri. Dimana, muncul suara mesin yang terdengar kasar, baik saat digeber maupun saat mesin dihidupkan di awal.Memang, suara mesin yang kasar pada motor injeksi belum tentu serta merta menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem injektor.

Namun, tetap saja ada potensi jikalau suara mesin yang kasar tersebut adalah tanda atau ciri motor mengalami kendala atau masalah di bagian injeksinya.Berkaitan dengan beberapa hal di atas, tampaknya kondisi yang disebutkan di atas bisa menjadi tanda yang sangat perlu untuk Anda pahami secara mendalam dan detail.

Namun, dari beberapa gejala di atas, indikasi paling kuat yang mengisyaratkan bila ada masalah pada sistem injeksi terletak pada sistem starter yang sulit beroperasi saat akan menghidupkan mesin serta motor mengalami mogok secara tiba-tiba tanpa sebab. Oleh sebab itu, bila sudah terjadi hal yang demikian sebaiknya segera periksakan ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

 

comments

`