caption trialgame

Ini Ternyata Beda Aki Motor Trail Injeksi dan Karburator

Tuesday, 23 June 2020

Ini Ternyata Beda Aki Motor Trail Injeksi dan Karburator


Aki memiliki peran penting bagi kendaraan bermotor, tak terkecuali motor trail. Secara fungsi punya tugas sebagai sumber daya untuk menggerakkan starter, serta menyimpan dan menyuplai listrik untuk komponen lain. Nah sudah pasti secara berkala, Anda harus mengganti aki motor trail Anda bukan? Tapi Tahukah Anda, ternyata aki untuk motor trail injeksi dan karburator memiliki perbedaan lho.

Memang kecil kemungkinannya sih jika tertukar saat membeli karena memang dua aki ini biasanya dibedakan dari ukuran dan tipe. Tapi kita akan ulas sedikit mengenai perbedaan dua aki ini ya, karena pasti masih banyak yang tidak mengira jika dua jenis motor trail ini menggunakan aki yang berbeda.

Kendati motor trail dan karburator menggunakan aki yang bertegangan sama, misalnya 12 volt tapi motor trail injeksi modern memiliki berbagai perangkat elektronik yang tentu butuh arus yang juga lebih besar dibandingkan motor trail karburator.

Perangkat seperti ECM, injektor, fuel pump, sistem Idling Stop System di motor trail perlu daya yang stabil dan tentu lebih dari motor trail karburator yang tidak pakai perangkat tersebut. Aki pada motor injeksi dan karburator pun punya kapasitas yang berbeda. Misalnya pada motor trali berkarburator, menggunakan aki dengan kapasitas 3,5 Ah, sementara pada motor trail injeksi menggunakan aki dengan kepasitas 5 Ah. Nah, beda angka 1,5 Ah tadi dipakai untuk mengoperasikan beragam perangkat komponen elektronik.

Nah lantas pertanyaan selanjutnya adalah jika dalam kondisi mendesak, bisa tidak menggunakan aki yang tidak sesuai dengan jenis motornya? Bisa saja motor karburator menggunakan aki milik 'kuda besi' dengan sistem injeksi. Namun kinerjanya tidak akan berjalan maksimal. Tapi jika memang dalam kondisi terpaksa, misalnya mogok di saat berpetualang, cara ini bisa digunakan. Dan jangan lupa untuk segera mengganti aki tersebut, jangan biarkan terus menerus menggunakan aki yang bukan peruntukannya. Karena jika digunakan terlalu akan bisa merusak komponen kelistrikan lainnya lho.

 

 

comments

`