caption trialgame

INI WAKTU YANG PAS BUAT CEK BAN!

Tuesday, 15 November 2022

Fungsi Kruisial Ban Pada Motor Trail


Ban motor trail merupakan komponen yang sangat penting dan terkait dengan keselamatan karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Apalagi jika Anda menggunakan motor trail untuk kegiatan harian, kondisi ban yang prima menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan.  Namun ban tidak sendirian dalam mengerjakan tugasnya, dibantu pelek berpalang atau jari-jari yang kemudian berpasangan dengan teromol dan sistem peredaman serta kemudi. 

Ban memiliki empat tugas selama motor dikendarai yaitu merubah gaya dari gaya putar menjadi gaya dorong atau melambat untuk mengerem, meredam awal gelombang jalanan sebelum suspensi sekaligus memanfaatkan sifat elastis karet sehingga fleksibel menempel dipermukaan. Selain itu ban bertugas mendukung motor untuk pengendalian dan mengarahkan motor sehingga selain elastis, dan juga mampu mempertahankan dinding ban agar tetap presisi saat berbelok, mampu menahan beban kendaraan dan pengendaranya serta mendapat beban lebih saat peristiwa mengerem akibat gaya inersia hingga 70% beban tambahan ke roda depan.  Maka dari itu ban harus memiliki kemampuan mempertahankan melekat atau traksi ke permukaan jalan agar pengendalian tetap presisi atau tidak tergelincir.

Dalam hal berkendara dalam kondisi basah permukaan ban harus memiliki jalur pembuangan supaya air tidak terjebak didalam lintasan ban atau ban berjalan diatas air atau yang dikenal sebagai hydroplaning/aquaplanning yang mengacaukan keseimbangan dan arah pengendalian. Saat ini produsen ban banyak menyediakan pilihan ban dan kebutuhan permukaan yang akan dilalui, mulai dari khusus kering hingga khusus basah atau bisa keduanya agar memiliki kemampuan ganda. Bagaimana cara membedakan ban ini?

Ban tipe kering dimulai dari yang tidak memiliki alur permukaan hingga memiliki sedikit alur ban. Permukaan yang semakin sedikit alur akan berdampak traksi atau cengkraman ban yang menempel ke aspal lebih optimal. Ban ini tidak bisa membelah genangan air dengan sempurna dan sangat tidak cocok digunakan dipermukaan aspal kondisi basah.

Sementara itu ciri ban tipe basah akan banyak alur di seluruh permukaan ban. Alur ban ini bertujuan untuk mempermudah jalur air keluar dengan cepat dari lintasan ban yang akan dilaluinya. Makin banyak alur dan makin cepat air terbuang kesamping maka si ban memiliki banyak kesempatan memperoleh traksi ke permukaan aspal.

Selain ban kering basa, ada ban yang mengkombinasikan 2 kondisi jalanan di atas. Ban ini memiliki ciri memiliki pola kembangan berbentuk seperti huruf V atau Y. Ban dengan desain ini telah diuji mampu melewati jalanan kering dan basah. Motif ban seperti ini juga mampu mengurangi resiko hydroplaning/aquaplaning.

Anda juga harus memantau tekanan udara ya, sesuai dengan  anjuran tekanan ban yang sudah disarankan oleh pabrikan melalui informasi dibuku pedoman pemiliki atau stiker panduan tekanan ban, sangat membantu ban menjaga performanya supaya selalu aman. Anda diwajibkan untuk secara rutin melakukan pengecekan tekanan angin ban sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Tekanan angin yang berlebihan atau kurang dapat menyebabkan sepeda motor tidak stabil saat dikendarai dan ban akan cepat rusak.

Lantaran terbuat dari bahan karet yang elastis, sebaiknya jika ban sudah berusia 4 tahun atau pemakaian di atas 40.000 km segera ganti ban baru. Kalo lupa, jangan khawatir karena setiiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai. Jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI maka sangat disarankan untuk segera diganti. Selain itu hindari pemakaian cairan pengkilap ban secara berlebihan. Jangan lupa untuk mencuci ban jika kondisinya kotor pada saat di tidak digunakan.

comments

`