caption trialgame

Ini Yang Bikin Oli Sintetis Lebih Superior

Wednesday, 13 July 2022

Ini Yang Bikin Oli Sintetis Lebih Superior


Ayo ngaku pasti massih banyak yang belum mengetahui perbedaan oli motor sintetis dengan mineral. Karena umumnya saat ini memang oli sintetis lebih banyak ditemui di pasaran. Sedang oli mineral sendiri juga masih ramai digunakan karena populasi motor trail yang memakainya masih tergolong besar.

Oli mineral, yang merupakan hasil penyulingan ekstrak mentah, banyak digunakan untuk motor trail  berteknologi lawas. Karakternya bisa dilihat dari kekentalannya, biasa dikenal sebagai viskositas, yang tinggi atau pekat. Spesifikasi itu memang cocok untuk mesin teknologi lama. Namun seiring perkembangan teknologi, oli mineral dinilai punya performa melepas panas yang kalah baik dibanding oli sintetis. Selain itu, oli mineral juga dinilai mudah teroksidasi, menguap dan punya struktur molekul tidak rata. Kemudian berpengaruh pada kinerjanya sebagai pelumas. Alhasil, usia pakainya relatif lebih pendek.

Teknologi dan performa mesin yang kian tinggi, meminta kinerja oli yang juga lebih baik. Oli sintetis telah melalui proses khusus untuk memperoleh satu formula yang spesifik di mesin. Seperti jenis mesin, kapasitas, hingga bahan bakar yang dipakai. Bahkan sampai peruntukan kendaraannya. Oli sintetis memang dihadirkan untuk menyesuaikan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi mesin yang ada. Ada kebutuhan untuk mengembangkan oli dengan performa lebih tinggi. Oli sintetis punya karakter khas atas struktur molekulnya yang lebih baik, performa lebih unggul dalam melindungi komponen mesin dari keausan, tidak mudah teroksidasi, bahkan bisa menghadirkan proses pendinginan mesin yang lebih optimal daripada oli mineral.

Viskositas oli sintetis yang stabil punya peran penting dalam spesifikasi sebuah pelumas kendaraan. Karena pada dasarnya mesin bekerja dalam kondisi relatif tidak stabil. Seperti saat mesin baru dinyalakan atau ketika motor trail berada di daerah dengan suhu rendah. Faktor-faktor itu punya pengaruh pada performa mesin. Nah jadi sekarang lebih jelas kan apa keunggulan dari oli sintetis dibandingkan oli mineral.

 

comments

`