caption trialgame

Inovasi Hebat Power Steering Motor!

Tuesday, 16 August 2022

Inovasi Hebat Power Steering Motor!


Anda tentu pernah mendengar istilah power steering bukan?  Power steering jadi salah satu fitur yang biasanya ditemukan pada mobil. Fitur ini berguna untuk memudahkan memutar lingkar kemudi. Jadi pengemudi tidak perlu mengeluarkan tenaga kembali memutarkan mobil saat setelah berbelok atau berbalik arah.

Nah, ternyata saat ini Yamaha motor sedang melakukan pengembangan agar teknologi power steering dapat diaplikasan pada motor. Mengutip dari Canada Moto Guide, Yamaha diketahui bakal menyematkan fitur power steering batang kemudi motornya.  Pengembangan ini diklaim meningkatkan stabilitas motor pada kecepatan tinggi, hingga kemudahan ketika berbelok.

Nah menurut kabar yang beredar, Yamaha melakukuan implamentasi teknologi power steering pada motor trail mereka. Secara resmi, sistem ini dinamakan Yamaha EPS Steering Support System yang akan bekerja sebagai pengaturan elektromagnetik ringan dan berfungsi ganda untuk peredam kemudi aktif serta bantuan power steering.

Yamaha menyebutkan sistem pendukung kemudi Yamaha ini menggunakan sensor torsi, teknologi magnet, dan aktuator yang menghasilkan manfaat peredam kemudi pada kecepatan tinggi dan input bantuan kemudi dalam kecepatan rendah. Memang hal ini bukanlah karena sebelumnya sudah berhasil diimplementasikan pada motor listrik.

Lalu kini para ahli penasaran untuk melihat apakah sepeda motor trail dan produk pada segmen lainnya akan cocok untuk teknologi tersebut. Selain itu sistem kemudi ini juga dapat beroperasi sebagai alat penyeimbang diri dan bahkan menyediakan gerakan kemudi untuk pengendaraan otonom.

Saat ini, aplikasi Yamaha EPS Steering Support System pada motor trail sedang diuji pembalap Australia Jay Wilson. Konon mereka mengujinya pada dua jenis motor trail bermesin 250cc dan 450cc. kendati belum ada tanggal pasti kapan teknologi ini bisa diterapkan, namun terobosan ini patut diberikan apresiasi. Dan jika memang bisa diterapkan pada motor trail, Anda tentu sudah gak sabar untuk mencobanya bukan?

 

 

comments

`