caption trialgame

Jaga Ban Motor Trail Agar Tetap Awet

Tuesday, 14 April 2020

 

Tidak terasa situasi social dan pshysical distancing yang diterapkan oleh pemerintah sudah memasuki pekan ke-7. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus Corona yang sudah semakin meresahkan.

Bagi para penggila motor, trail hal ini tentu saja membuat tunggangan mereka jarang atau tidak pernah digunakan. Dan jika motor jarang digunakan maka biasanya akan terjadi kerusakan jika tidak dirawat dengan benar. Nah salah satu komponen yang jarang mendapatkan perhatian jika motor jarang digunakan adalah ban.

Biasanya para pemilik motor lebih memperhatikan urusan mesin dan sedikit melupakan perawatan pada ban. Bahan baku ban adalah karet, dan karet biasanya memiliki umur serta daya guna yang ada batas. Jika jarang digunkana, bisa-bisa karet ban tersebut akan mengeras dan getas. Jika hal ini terjadi maka sudah pasti ban akan rusak.

Nah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada ban ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tidak sulit kok untuk melakukannya, dan bisa Anda lakukan dirumah saat tidak ada kegiatan. Jadi simak penjelasannya ya.

Yang pertama adalah pastikan posisi motor dalam keadaan standar 2 (standar tengah), fungsinya agar tekanan ban motor akan lebih merata agar tidak timbul benjolan pada ban motor. Jika motor trail Anda tidak memiliki standar tengah, gunakan penyangga motor trail atau stand ya.

Setelah itu cek tekanan angin ban secara rutin, pastikan sudah sesuai dengan saran dari pabrik, jangan sampai kekurangan atau kelebihan. Pastikan juga ban Ban dalam kondisi bersih, usahakan tidak terdapat bekas tanah atau lainnya agar kualitas karet ban selalu terjaga dalam kondisi prima. Jika masih ada sisa lumpur karena bekas trabasan, bersihkan dulu ya.

Anda juga bisa melakukan pengecekan pada kembangan atau Tread pattern ban. Apakah masih dalam kondisi layak pakai atau tidak. Jika ban sudah botak baiknya segera diganti dengan ban yang ukurannya sesuai dengan anjuran pabrik motornya. Jika menggunakan ban offroad atau ban tahu, pastikan kembangan masih kumplit, karena biasanya ada beberapa tonjolan yang terlepas akibat sering melahap medan offroad.

Dan yang terakhir adalah pastikan tempat Anda menyimpan motor tidak terkena sinar matahari langsung atau genangan air. Paparan sinar matahari yang terus menerus, serta rendaman air dalam waktu lama, akan membuat umur karet ban motor trail Anda akan berkurang secara drastis. Nah, tidak sulit bukan? yuk kita cek kondisi ban motor trail secara berkala.

 

comments

`