caption trialgame

Jaga Kebersihan Riding Gear Anda!

Tuesday, 16 February 2021

Jaga Kebersihan Riding Gear Anda!


Meski berhubungan dengan nyawa manusia, tapi kelengkapan berkendara atau riding gear masih dianggap sepele di Indonesia. Padahal, riding gear memainkan peranan penting jika terjadi kecelakaan. Tentu saja perlengkapan paling standar saat berkenara adalah helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Riding gear harus digunakan secara keseluruhan, karena tubuh kita harus terlindungi seluruhnya secara utuh ketika terjadi suatu kecelakaan atau pada suatu kondisi darurat. Kecelakaan berkendara tidak mengenal waktu dan tempat, di mana pun dan kapan pun, potensi kecelakaan akan selalu ada ketika kita sedang berkendara. Untuk itu, tiap pengendara wajib mempersiapkan diri dengan selalu melindungi seluruh organ penting pada bagian tubuh yang bisa terluka apabila mengalami kecelakaan saat berkendara.

Helm akan berfungsi sebagai pelindung kepala, jaket melindungi tubuh bagian atas dari gesekan dan benturan, sarung tangan melindungi telapak tangan, celana panjang melindungi seluruh kaki dari gesekan dan benturan, dan sepatu melindungi bagian mata kaki hingga telapak kaki.  Selalu lindungi diri kita dengan riding gear yang lengkap dan aman, pakai riding gear yang lengkap namun tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Tapi jangan lupa, jika riding gear Anda pun memerlukan perawatna lho, agar tidak menjadi tempat bersumbernya virus dan bakteri. Dengan menjaga kebersihannya, tak hanya mencegah datangnya penyakit, tapi juga meningkatkan kenyamanan berkendara. Rasanya tidak sedikit yang langsung menyimpan riding gear mereka begitu selesai berkendara. Bahkan tidak sedikit juga yang menyimpannya pada tempat yang tidak layak.

Nah kebiasaan ini bisa merusak riding gear lho, karena keringat masih menempel di permukaan lapisan kulit dari perlengkapan tersebut. Apalagi pada saat kondisi hujan, sehingga membuat jaket, sarung tangan, dan sepatu, menjadi basah. Saat riding gear basah, baik karena keringat atau kehujanan, sebaiknya dikeringkat terlebih dahulu. Setelahnya, baru disimpan di ruangan yang terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup.  Tujuannya agar tetap menjaga kondisi ruangan tetap hangat yang membantu perlengkapan berkendara tersebut cepat menjadi kering. Namun, jika kondisi perlengkapan tersebut dalam kondisi yang kering cukup dibersihkan dengan menggunakan lap yang bersih saja.

Sementara untuk helm, cukup dilap saja bagian luarnya, khususnya bagian kaca atau visor. Sebab, kotoran yang menempel pada visor dapa menimbulkan jamur.  Untuk bagian dalam dari helm yang bisa dibuka sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara. Perlu diingat, menjaga kelembaban riding gear juga tak kalah penting, agar tidak cepat rusak. Riding gear yang kelembabannya tidak dijaga dapat terkelupas atau kaku karena terlalu kering. Apabila terlalu lembab juga berpotensi menimbulkan jamur atau bakteri. Nah jadi yuk kita mulai menjaga kebersihan riding gear sehari-hari.

 

 

comments

`