caption trialgame

Jaga Komponen ini Dari Air Saat Mencuci Motor Trail!

Tuesday, 5 April 2022

Jaga Komponen ini Dari Air Saat Mencuci Motor  Trail!


Motor trail memang lazim digunakan untuk menerjang beragam jenis rintangan, termasuk medan lintasan basah penuh air sekalipun. Biasanya setiap penggila motor trail sudah pasti mengetahui wajib hukumnya untuk membersihkan motor trail selepas trabasan. Tapi kendati motor trail handal menembus lintasan bukan berarti Anda bisa menyiram seluruh komponennya dengan air saat mencucinya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kala membersihkan dan mencuci motor trail, dan rasanya tidak salah mengetahui beberapa komponen yang harus steril dari air saat mencuci. Pasalnya jika komponen tersebut terkena air bisa bisa menyebabkan kerusakan atau konsleting. Penasaran gak komponen apa saja? Kami yakin sebagian besar dari Anda sudah mengetahuinya sih tapi masih banyak juga yang tidak tahu lho, nah jadi simak ulasan di bawah ini ya.

Yang pertama tentu saja adalah busi motor. Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompres. Nah oleh karena itu busi motor juga menjadi bagian pada motor yang tak boleh terkontaminasi air karena jika kemasukan air akan berdampak pada busi yang tidak bisa bekerja secara maksimal.

Kemudian jika motor trail Anda menggunakan karburator, pastikan komponen ini terhindar dari air ya.  Karburator pada motor berfungsi untuk mengatur RPM dan juga mencampur udara dan bahan bakar. Bagian ini adalah salah satu bagian paling krusial pada motor. Jika karburator terkena air, bisa berakibat pada motor yang susah dinyalakan atau bahkan mogok.

Aki adalah salah satu komponen kelistrikan yang ada dalam motor dan akan berbahaya jika bagian ini terkontaminasi dengan air karena bisa menyebabkan konsleting. Kalau ingin membersihkan bagian yang kotor pada aki, cukup dengan mengelapnya saja ya, jangan nekat menyiram, aki motor trail Anda dengan air jika masih sayang dengan tunggangan Anda.

Dan yang terakhir tentu saja adalah beragam kabel kelistrikan. Memang sih biasanya sistem kabel kelistrikan pada motor trail, apalagi yang terbaru, biasanya sudah terlindung dengan sempurna. Tapi bukan bearti Anda boleh langsung menyiramnnya ya. Mungkin saja ada bagian kabel yang longgar dari terminalnya, atau terkelupas, dan jika bagian tersebut terkena air hasilnya sudah bisa ditebak yaitu korsleting.

 

comments

`