caption trialgame

Jaga Kondisi Ban Motor Trail Yang Tidak Terpakai

Tuesday, 11 June 2024

Jaga Kondisi Ban Motor Trail Yang Tidak Terpakai


Kesibukan kadang membuat Anda tidak bisa menghabiskan waktu dengan motor trail kesayangan Anda. Akibatnya motor trail kesayangan Anda jadi lebih sering terparkir saja. Nah hal ini bisa menyebabkan ban motor trail Anda menjadi kempes lho. Memang secara alami ban yang lama tidak digunakan akan berkurang tekanan anginnya tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat proses tersebut sekaligus menjaga ban agar lebih awet.

Yang pertama adalah usahakan ban diisi terlebih dahulu sampai dengan tekanan angin ban yang direkomendasikan. Gunakan tekanan angin 29 psi untuk ban depan. Untuk ban belakang, tekanan anginnya adalah 33 psi. Tekanan angin ban masih bisa ditambah atau dikurangi hingga 2 psi, disesuaikan menurut kenyamanan pengendara. Karena motor tidak akan digunakan untuk lama Anda bisa gunakan rekomendasi tekanan angin maksimal.

Sebaiknya isi ban dengan nitrogen karena nitrogen tidak mengandung uap air sehingga ban lebih terjaga tekanan anginnya. Nitrogen juga memiliki molekul yang lebih besar dibanding oksigen sehingga udara di dalam ban yang diisi nitrogen akan lebih lama keluar melalui katup ban.

Parkir motor trail Anda dengan  menggunakan standar tengah atau gunakan standar paddock. Hal ini berguna agar ban depan dan belakang tidak mengalami tekanan dari beban motor. Tekanan yang sama hanya pada satu sisi ban bisa membuat ban jadi kempis dan merusak struktur karet ban.

Jangan lupa untuk memberi alas pada ban bisa berupa kayu, styrofoam kardus atau alas lainnya yang ada di rumah. Intinya adalah agar ban tidak bersentuhan langsung dengan permukaan lantai yang dingin dan lembab karena bisa membuat ban lebih cepat kempis.

Pilih tempat parkir yang teduh. Jika terpapar sinar matahari terus-menerus ban jadi keras akibatnya, ban bisa jadi licin karena traksi minim.  Selain itu, pastikan motor sudah dalam keadaan bersih agar tidak berkarat, kosongkan tangki BBM untuk hindari risiko kebakaran, dan lepaskan aki motor agar aki tetap awet dan tidak kehilangan daya.

 

comments

`