caption trialgame

Jaga Performa Motor Trail Saat Trabasan!

Thursday, 3 February 2022

Jaga Performa Motor Trail Saat Trabasan!

 
Untuk para penggila motor trail yang gemar trabasan, tentu sudah paham bahwa persiapan adalah kunci untuk mendapatkan pengalaman trabasan yang mengesankan. Nah salah satu hal yang harus dipersiapkan tentunya adalah kondisi motor trail sendiri. Hal-hal apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum melakukan trabasan? Kita simak ulasannya ya.

Berkendara dengan sering membuka dan menutup handle gas merupakan hal yang lumrah bagi mereka penggemar trabasan. Hal ini tentu sesuai dengan medan yang dilaluinnya, yang biasanya penuh rintangan. Dengan karakter seperti itu kerja mesin lebihmaksimal dan mesin cepat panas sehingga oli mesin lebih mudah menguap. Oleh karena itu, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi. Standar yang dikeluarkan oleh pabrikan motor biasanya setiap 4.000 km disarankan melakukan pergantian oli mesin. Akan tetap para off roader harus lebih sering melakukan pengecekan dengan cara melihat stik level oli mesin apakah masih sesuai dengan standar ketinggian oli atau kurang dari standar. Jika ada dibatas bawah, maka tambahkan oli baru sampai dengan batas tengah ya.

Jangan lupa untuk atur ulang setelan gas dan handel kopling karena permainan gas merupakan hal sering dilakukan pada dunia off road. Setingan throttle gas atau tuas gas menjadi perhatian lebih bagi para off roader. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, Anda dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm. Hal serupa dengan handle kopling, permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip pada dunia off road maupun on road. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

Anda pasti sering mengalami gesekan pada rantai rodamotor anda, hal ini akibat ausnya pada rantai roda itu sendiri maupun swing arm kendaraan anda. Rantai roda yang kendor dapat mengenai secara langsung swing arm motor. Lakukanlah pengecekan pada drive chain slider pada bagian depan dan belakang dari swing arm motor anda serta lakukan pengencangan pada rantai roda anda sebelum bermainoff road. Hal yang kedua, jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan namun cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga kehausan dari rantai roda.

Pastikan Anda melakukan pengecekan pada rim lock atau stopper ban. Perangakat ini merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi untuk mengunci velg antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam keadaan pengurangan tekanan angin. Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam dan robeknya pentil ban kendaraan anda.

Motor trail sangat cocok untuk manufer loncat-loncatan. Namun Anda harus sering mengecek pada steering stem dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi, saat belok ke kanan maupu ke kiri. Jika steering stem kendaraan pada off roader mengalami seret atau terlalu kendor saat manuver berbelok, segeralah datang ke bengkel kepercayaan Anda untuk melakukan setting atau pergantian bearing pada sterring stem. Nah demikian hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga performa motor trail Anda sebelum melakukan trabasan.

 

comments

`