caption trialgame

Jaga Tekanan Udara Ban Motor Trail!

Tuesday, 23 November 2021

Jaga Tekanan Udara Ban Motor Trail!


Ban memiliki peranan penting dalam keamanan dan kenyamanan saat mengendarai motor trail karena kegunaannya yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karena itu, Anda perlu merawat dan menjaga kondisi ban agar dapat mempertahankan fungsi ideal ban motor ya.

Salah satu cara merawat fungsi dan kondisi ban motor adalah menjaga tekanan udara tetap dalam angka yang ideal. Jika tekanan ban tetap sesuai, ban tidak akan mudah bocor dan aus, sehingga memperpanjang umur ban. Namun, apabila tekanan kurang atau berlebih, performa berkendara akan terganggu yang juga dapat menyebabkan kecelakaan, khususnya di jalan tidak rata dan berbelok.

Ukuran tekanan udara pada ban motor yang ideal sudah dianjurkan oleh setiap produsen motor. Dengan ini, tentu, Anda tidak dapat mengira dengan feeling Anda. Nah khusus buat Anda yang gemar melakukan touring jarak jauh atau adventure dalam waktu yang lama, ada semua alat yang bernama TTire Pressure Monitoring System yang bisa disematkan pada motor trail Anda. Alat ini adalah fitur canggih yang dapat mengukur tekanan ban motor secara real time (pada saat itu juga), apakah tekanannya masih dalam batas optimal atau sudah berkurang.

Meski fitur TPMS belum banyak terpasang di motor, perangkat TPMS dapat dibeli secara terpisah lalu dipasang pada motor Anda. Dua sensor tekanan udara akan menggantikan pentil ban yang kemudian akan mengirimkan sinyal ke monitor display. Anda dapat memantau tekanan ban melalui monitor display yang diletakkan di panel spidometer atau di area setang.

Nah bayangkan jika Anda sedang asik mengendarai motor melintasi beragam daerah tiba-tiba tekanan angin berkurang, dengan menggunakan alat ini Anda dapet langsung melakukan tindakan, sehingga meminimalisir terjadinya resiko yang tidak diinginkan seperti ban kempes, pecah atau kecelakaan akibat dua hal tadi.

Penasaran sama harganya kan? Alat yang biasa disingkat dengan nama TPMS saat ini memang lebih banyak digunakan pada mobil-mobil mewah, namun TPMS untuk motor saat ini dijual terpisaha dengan kisaran harga hampir menyentuh angka satu juta rupiah. Cukup lumayan, namun rasanya masih cukup sepadan mengingat kinerja dari alat ini.

 

comments

`