caption trialgame

Jajal Trek Offorad Tanjakan Langit

Wednesday, 16 September 2020

Jajal Trek Offorad Tanjakan Langit


Indonesia dikaruniai oleh alam eksotis yang pasti bakal membuat negara lain iri karena keindahannya. Tidak heran jika spot-spot untuk bermotor trail selalu ada dan tampak seperti mudah ditemukan. Dan salah satu spot favorit untuk para penggila motor trail, khususnya mereka yang tinggal di kawasan Bandung dan sekitarnya adalah Tanjakan Langit.

Lokasi tepat berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Tempat ini dikelilingin oleh hutan pinus yang sejuk dan memiliki semilir angin pegunungan yang menyegarkan. Dari kota Kecamatan Banjaran, tempat ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit melalui Desa Ciapus.

Tanjakan Langit ini menyajikan lima jalur selebar kira-kira kurang dari 2 meter dengan kontur menanjak di tengah ‎rimbunnya pohon pinus.Setiap jalurnya memiliki ketinggian variatif. Bisa untuk pengendara sepeda motor trail pemula maupun yang sudah mahir. Untuk melewati setiap jalur, biasanya para pengendara motor mengambil ancang-ancang kemudian menarik gasnya kemudian melaju melewati tanjakan.

Banyak yang berhasil sampai ke puncak, namun ada juga yang gagal dan lucunya, hanya sampai di tengah jalur. ‎Jika sudah seperti itu, pilihannya berjibaku meneruskan perjalanan sampai ke puncak, atau kembali turun. Dua pilihan itu sama-sama tidak mudah.

Seorang warga setempat yang bernama Aji, sering diminta bantuan oleh para komunitas motor trail yang kerap kali melalui jalur ini, tak heran jika kemudia bapak 65 tahun yang dikenal dengan nama lain Abah Langit ini kemudian dipercaya untuk mengelola jalur ini.

Dia mengatakan bahwa Tanjakan Langit karena tanjakannya paling tinggi. Jika di lihat dari bawah, puncaknya tampak seperti sejajar dengan langit."Makanya disebut Tanjakan Langit, atau tepatnya Tanjakan Salangit karena tanjakannya tinggi‎," ujar Aji, seperti dikutip dari Tribunjabar.id

Aji mengatakan bahwa awalnya,kawasan itu berupa hutan yang jaran dijamah. Namun, survey jalur motor dilakukan sehingga akhirnya bisa dilalui.Tempat ini mulai dilalui komunitas motor sejak tahun 2007 namun belum seramai sekarang. Baru dalam kurun waktu lima tahun terakhir saja Tanjakan Langit mendapatkan popularitasnya, sehingga banyak para penggila motor trail penasaran ingin mencoba menaklukannya.

Nah jika musim hujan tiba, maka tempat ini akan menjadi sebuah tantangan yang bakal sulit untuk ditaklukan. Jika skill motor trail Anda terhitung pas-pasan atau masih pemula, kami sarankan untuk tidak berpetualang disini saat musim hujan ya. Lintasan yang licin dan berlumpur serta tingkat kemiringan yang sedikit ekstrim akan bisa membahayakan jika tidak didukung dengan kemampuan yang mumpuni.

comments

`