caption trialgame

Jangan Abaikan Kondisi Rantai Motor Trail

Tuesday, 7 March 2023

Jangan Abaikan Kondisi Rantai Motor Trail


Rantai motor adalah salah satu komponen penting di kendaraan sepeda motor. Rantai motor sendiri berguna untuk menyalurkan tenaga penggerak dari mesin motor ke roda sehingga motor bisa bergerak dan melaju di jalan raya. Dengan cara kerja rantai motor yang seperti ini tentu saja terkadang membuat rantai motor kendur.

Pasti cepat atau lambat seiring dipakainya motor, rantai motor akan mengalami kendur. Sedangkan rantai motor yang kendur ini bisa mengganggu kita dalam berkendara seperti motor yang berisik sampai tenaga dari motor yang bisa berkurang akibat rantai motor kendur.

Untuk itu tentu saja sebelum rantai motor menjadi kendur sebaiknya kita antisipasi dulu dengan memperbaiki sendiri. Sebenarnya apa saja sih yang menyebabkan rantai motor bisa kendur? Penyebab pertama rantai motor cepat kendur adalah karena medan jalan yang bergelombang dan juga kondisi jalan yang rusak atau tidak rata. Hal ini bisa menjadi penyebab rantai motor kita menjadi kendur. Karena jalan yang bergelombang ini bisa berakibat pada Swing Arm yang terlalu sering bergerak dan rantai motor kita menjadi tersentak-sentak.  Kondisi inilah yang bisa membuat rantai motor cepat kendur.

Kotoran yang ada di rantai juga bisa membuat rantai menjadi cepat kendur. Air hujan yang bercampur lumpur yang menggenang di jalan saat kita lewati terkadang menyemprot ke rantai motor kita. Karena air lumpur inilah yang membuat kotoran di rantai motor menjadi semakin banyak. Kotoran pada rantai motor ini yang membuat grease atau biasa disebut dengan gemuk menghilang. Jika gemuk atau grease ini menghilang maka rantai motor akan jadi cepat panas dan secara lama kelamaan rantai motor akan mengendur saat keadaan dingin.

Penyebab berikutnya rantai motor cepat kendur adalah karena kelebihan muatan. Kelebihan muatan ini juga bisa menjadi penyebab rantai motor kita kendur loh. Hal ini karena rantai tidak kuat untuk menarik beban yang terlalu berat sehingga jarak antar sambungan rantai menjadi oblak.  Beban motor yang melebihi kapasitas aslinya tentu saja membuat beban kerja dari rantai menjadi bertambah dua kali lipat, akibatnya jika rantai tidak kuat bisa-bisa rantai motor pun jadi putus.

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika settingan arm kiri dan juga arm kanan berbeda tentu saja bisa berakibat masalah lain menjadi muncul. Termasuk juga rantai menjadi lebih mudah kendur lagi akibat settingan rantai yang tidak sempurna. Untuk itu selalu perhatikan settingan antara arm kiri dan arm kanan agar roda belakang menjadi center. Jadi selalu perhatikan kondisi rantai motor trailmu ya.

 

comments

`