caption trialgame

Jangan Abaikan Ukuran Ini Saat Ganti Ban!

Tuesday, 20 April 2021

Jangan Abaikan Ukuran Ini Saat Ganti Ban Baru


Mengganti ban motor trail adalah hal yang lumrah, apalagi jika sering dibawa offroad, maka biasanya ban belakang motor akan mulai ompong karena digerus di jalur trabasan. Tidak sedikit kemudian yang merasa setelah mengganti dengan ban belakang yang baru, motor trailnya terasa lebih tinggi. Apalagi jika menggunakan motor trail pabrikan Eropa, terasa sulit untuk menapakan kaki ke tanah. Kenapa sih hal ini bisa terjadi?

Tambah tingginya motor akibat pergantian ban itu disebabkan oleh ukuran ban yang kurang pas. Lho bukannya ukuran diameter bannya sama, yaitu 18? Memang ukuran diameter ban yang diganti itu sama yaitu 18, tapi biasanya tidak sedikit yang mengabaikan ukuran lebar dan ketinggian ban.  Ini yang membuat motor jadi sedikit lebih jangkung.

Ukuran ban trail yang beredar kebanyakan memakai ukuran mili meter, misalnya 100/90-18 atau 100/110-18. Angka 18 di belakang itu jelas menunjukan ukuran diameter roda/pelk yang memakai ukuran inci. Nah yang harus dicermati adalah angka yang di depan, karena ini menunjukan lebar dan tinggi ban.

Maka jika ban trail itu ukurannya 100/90 maka artinya lebar ban itu adalah 100 mm dan tingginya 100X(90/100) = 90 mm. Kalau ukuran bannya 100/110 maka lebar bannya 100 mm dan tingginya 100X(110/100) = 110 mm. Nah otomatis ketika bannya diganti dengan ukuran 100/110 maka ada perbedaan ketinggian sebesar 20 mm, ini yang membuat motor jadi terasa lebih jangkung.

Ban trail yang ukuran lebih lebar lebih enak untuk menapak atau mencengkeram tanah. Ini sangat baik dipakai di medan yang licin. Namun kelemahannya karena ukurannya lebih lebar maka menjadi sedikit kurang lincah dibandingkan dengan ukuran ban yang lebarnya lebih kecil. Diameter ban yang lebih besar misalnya ukuran ban depan 21 dan belakang 18 inci itu akan lebih enak dipakai untuk melibas jalur offroad yang penuh gundukan atau cerukan tanah dibandingkan ukuran ban 19/16. Nah jadi perhatikan ukuran lebar dan ketinggiannya saat mengganti ban baru ya, agak berkendara lebih nyaman.

comments

`