caption trialgame

Jangan Buru-Buru Ganti Ke Bahan Bakar yang Lebih Murah!

Tuesday, 12 April 2022

Jangan Buru-Buru Ganti Ke Bahan Bakar yang Lebih Murah!


Perubahan harga pertamax yang cukup lumayan membuat banyak pengguna motor mengernyitkan dahi. Dengan selisih harga di atas tiga ribu rupiah, membuat pengeluaran tentu mengalami pembengkakan yang cukup signifikan. Apalagi jika Anda menggunakan motor untuk kegiatan harian. Tidak heran jika kemudian banyak pengguna motor yang mengalihkan bahan bakar mereka dari Pertamax yang memiliki Ron 92, ke bahan bakar yang lebih murah yaitu pertalite yang memiliki Angkat oktan 90.

Harga pertalite yang terhitung murah yaitu 7650 per liter menjadi daya tarik terjadinya exodus massal bahan bakar ini. Maklum saja selisihnya hampir 5 ribu rupiah dengan pertamax. Nah lalu, apa ada efeknya bagi motor-motor yang sebelumnya menggunakan pertamax kemudian merubahnya menjadi pertalite? Penasaran kan ? simak ulasannnya ya.

Menurut peneliti Jerman, Andreas Schaefer, mengubah atau gonta ganti bahan bakar minyak yang berbeda dalam waktu yang cukup singkat tidak akan memberikan efek maksimal atau efek buruk pada performa mesin kendaraan bermotor.

Namun, harus diingat jika mengganti BBM tidak sesuai yang direkomendasikan jelas harus mengetahui beberapa fakta. Hal ini tentu tidak terlepas dari angka oktan dari BBM tersebut dan rasio kompresi mesin kendaraan.Pabrikan motor sudah merekomendasikan jenis BBM yang bisa digunakan. Tujuannya agar umur mesin kendaraan menjadi  lebih lama. Sehingga jika gonta-ganti bahan bakar akan berimbas pada kinerja mesin.

BBM jenis Pertamax dengan angka oktan 92 untuk kendaraan rasio kompresi 10:1 hingga 11:1. Pertalite angka oktan 90 untuk kendaraan rasio kompresi 9:1. Sehingga jika pengguna Pertamax diganti Pertalite akan menimbulkan knocking sehingga mesin ngelitik. Karene menggunakan oktan yang lebih rendah, kendaraan pengguna Pertamax akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Akibatnya terjadi penebalan residu atau kerak di dalam ruang bakar. Apabila dibiarkan dalam waktu lama akan berimbas pada performa mesin dan keawetan mesin.

Nah sebelum Anda memutuskan untuk mengganti bahan bakar motor Anda, ada baiknya untuk menimbang baik buruknya bagi tunggangan Anda ya.

comments

`