caption trialgame

Jangan Cuekin Kondisi Busi Motor Trail ya!

Tuesday, 9 May 2023

Jangan Cuekin Kondisi Busi Motor Trail ya


Setelah menghabiskan liburan dengan bermotor trail ria, kini saatnya melakukan perawatan rutin ya.  elakukan perawatan rutin merupakan ritual yang wajib dilakukan oleh para pemilik motor trail. Disamping untuk memperpanjang usia kompenen vital motor trail, perawatan diperlukan agar performa tunggangan kesayangan Anda tetap optimal

Salah satu elemen penting yang jarang diperhatikan saat peratawatan adalah busi. Biasanya kalo kondisi busi gak soak, gak bakal diperhatikan sama pemilik motor. Padahal komponen ini merupakan elemern penting , arena memiliki fungsi sebagai pematik api di dalam ruang pembakaran motor. Jika rusak atau soak, dipastikan mesin motor tidak akan menyala.

Umumnya, penggantian busi dilakukan bila kendaraan bermotor telah menempuh jarak sejauh 8 ribu kilometer. Kinerja bunga api busi setelah 8 ribu km akan menurun dan akan membuat laju motor seolah tersendat dan tersenggal-senggal karena pasokan percikan api yang berkurang.

Indikator diatas berlaku untuk hampir seluruh kendaraan bermotor, namun bagaimana jika motor trail hanya digunakan untuk trabasan saja, bukan untuk kegiatan harian? Anda bisa mengecek kondisi fisik busi langsung untuk kelayakannya. Jika warna elektroda pada busi, kecokelatan/merah bata tandanya pembakaran optimal. Anda tak perlu khawatir. Namun, jika warna elektroda menghitam, tanda campuran udara dan bensin tidak seimbang. Efeknya, konsumsi bahan bakar meningkat, alias boros.

Kemudian, kalau warna elektroda memutih, tanda kalau campuran udara dan bensin lebih banyak udaranya. Efeknya, motor bakalan lebih cepat panas. Kalau mesin kepanasan, tidak bagus buat daya tahan komponen di dalam mesin.

Busi yang sudah tidak layak digunakan juga  dapat dikenali ketika mesin motor trail Anda terasa bergetar. Terkadang terdengar bunyi letupan yang keluar dari knalpot akibat proses pembakaran yang tidak sempurna. Letupan ini biasanya berulang, saat mesin deselerasi ataupun saat berakselerasi.

Jika Anda gemar mengajak motor trail berpetualang melintasi air, seperti sungai atau lumpur, kami sarankan untuk selalu menggunakan busi baru sebelum melakukan petualangan. Maklum saja air dan lumpur akan membuat kinjerja busi menjadi tidak optimal, jadi alangkah lebih baik untuk menggunakan busi baru yang masih segar daya tahannya ketika menerjang rintangan tersebut.

 

comments

`