TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Jangan Grogi Persiapkan Trabasan Pertama

Teknis Kendaraan 13.01.2025

Jangan Grogi Persiapkan Trabasan Pertama


Tahun baru, hobi baru nih. Siapa nih disini yang baru menggeluti motor trail? Jangan minder, gak apa-apa kok, semua juga pasti pernah jadi nubie. Nah buat Anda yang baru menekuni motor trail dan sedang mempertimbangkan untuk membawanya trabasan, perlu dilakukan persiapan lho, agar petualangan Anda lebih aman dan nyaman.

Lalu, persiapan sebelum off-road apakah yang perlu Anda lakukan? Yang pertama tentu mengecek pelumasan mesin. Saat menempuh berbagai tantangan, hal yang wajar bagi dengan membuka dan menutup selongsong gas. Hal ini juga dipengaruhi dengan kondisi jalan yang akan Anda lalui. Dengan begitu, kinerja mesin akan lebih maksimal dan lebih cepat panas, sehingga oli lebih cepat menguap. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi. Selain itu, cek oli sesering mungkin pada stik level oli, apakah masih sesuai standar ketinggian pelumas atau bahkan kurang. Jika ada di batas normal, maka segera tambahkan oli baru hingga batas tengah.

Biasanya saat trabasan perlu bukaan gas yang ideal. Oleh karena itu sebaiknya Anda harus menyeting throttle gas atau tuas gas. Agar mendapatkan tarikan motor yang responsif, Anda dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm. Perhatian serupa juga wajib diberikan pada handle kopling. Hal ini dikarenakan permasalahan yang sering terjadi adalah kopling slip. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran selongsong gas yang tinggi.

Saat mengendarai motor trail, gesekan pada rantai roda motor akan membuat komponen tersebut terkikis/ aus. Apalagi, rantai roda yang kendor dapat mengenai ayunan motor secara langsung. Untuk mengantisipasi itu lakukanlah pengecekan pada drive chain slider pada bagian depan dan belakang swing arm motor Anda. Serta lakukan pengencangan pada rantai roda anda sebelum bermain off road. Hal kedua, jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan namun cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga kehausan rantai roda.

Jika perlu sebaiknya Anda memasang rim lock. Rim Lock atau stopper ban merupakan perangkat mekanis dan berfungsi untuk mengunci pelek antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban kekurangan tekanan angin. Jika hal ini tidak dirawat, maka dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam atau robek pentil ban pada kendaraan. Nah, itulah sebabnya komponen ini perlu untuk diperhatikan untuk mencegah terjadinya ban rusak saat ada di tengah hutan.

Karena motor trail itu identik dengan aksi dan manuver loncat-loncatan, maka, kondisi steering stem pun harus  oke. Sebagai rider, Anda harus sering mengecek kondisi steering stem dengan cara mencoba kelancaran kemudi saat belok kiri dan kanan. Jika terasa seret atau terlalu kendor, sebaiknya langsung datang bengkel untuk di-setting ulang atau mengganti bearing ada steering stem. Nah jika dirasa semua sudah oke, selamat trabasan dan bersenang-senang ya.

Berita terkait

News
News Event 10.09.25

Seri Ke-4 Siap Guncang Lapangan..

Ajang balap trail paling megah, Trial Game Dirt putaran ke-4 akan segera digelar di Sirkuit Lapangan Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah,...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

CDI Racing Lawan Standar, Unggul..

CDI Racing Lawan Standar, Unggul Mana ? Dalam dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua, ada banyak komponen penting yang berperan...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi..

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi Seal Kruk As Seal kruk as mungkin tampak seperti bagian kecil yang tersembunyi di dalam...