caption trialgame

Jangan Lalai Cek Kondisi Stopper Ban

Friday, 8 May 2020

 

Buat para penggemar motor trail yang doyan melibas track offroad, stopper ban adalah alat wajib yang harus terpasang. Dengan menggunakan harapannya adalah bisa menahan ban luar motor trail agar tetap pada posisinya dan tidak bergeser. Karena jika ban luar bergeser, maka hal ini sudah bisa dipastikan bakal bisa memutus pentil bagian ban dalamnya. Jika hal ini terjadi sudah pasti kegiatan offroad Anda berakhir.

Nah tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan stopper ban tidak berfungsi dengan baik. Salah hal yang paling sering menyebabkan hal itu terjadi adalah lupa mengencangkan kembali mur stopper ban setelah mengurangi tekanan udara pada ban motor trail.

Biasanya para penggila offroad yang menggunakan motor trail dual sport yang sering mengalami hal ini. Pada dasarnya tujuan menggebeskan ban agar permukaan ban luar bisa lebih luas/banyak menyentuh tanah/lumpur, harapannya jika semakin lebar yang napak ke tanah maka efek tergelincir akan berkurang dan motor akan cenderung stabil hingga mudah untuk dikendalikan kembali.

Secara teknis Stopper Ban akan memberi tekanan pada ban luar ke bibir velg, jika ban dikurangi tekanan anginnya maka tekanan stopper akan berkurang juga, itulah sebabnya Anda harus kembali mengencangkan mur stopper bannya. Jika hal ini lalai dilakukan efeknya ban luar bisa bergeser saat melibas track berlumpur atau kubangan. Nah oleh karena itu jangan lupa untuk mengencangkan mur stopper ban setelah mengurangi atau menambah tekanan udara ya.

Oh iya jangan lupa stopper juga ternyata memiliki umur penggunaan lho. Umumnya masa penggunaannya adalah satu tahun, ada juga beberapa merk yang bisa bertahan lebih dari setahun. Tapi yang jelas jika sudah mendekati satu tahun, kami sarankan untuk melakukan pengecekan pada komponen ini ya.

Jika stopper ban anda sudah dalam kondisi rusak, tanpa perlu berlaga di medan offroad pun bisa menimbulkan kerusakan karena putaran ban dalam, ban luar dan pelek jadi tidak bersamaan. Dan efeknya seperti sudah dijelaskan di atas yaitu pentil ban itu bisa putus akibat ban luar dan ban dalam bergesernya tidak sama.

comments

`