caption trialgame

Jangan Malas Cuci Kolong Ya

Friday, 28 April 2023


 Untuk Anda yang baru saja mengisi waktu liburan dengan trabasan atau melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan motor trail, ada satu hal yang wajib Anda lakukan selepas melakuan dua aktivtas tadi yaitu mencuci motor trail Anda. Apa sih sebenarnya manfaat mencuci motor trail itu? Pertama, mencuci motor trail bisa memperpanjang umur rantai dan gir. Hal ini disebabkan kotoran-kotoran seperti debu dan kerak oli yang menempel pada rantai hilang.

Selanjutnya yang kedua bisa menghilangkan karat yang ada pada kendaraan, contohnya karat yang ada di postep kaki, standar samping dan tengah. Mencuci motor trail juga bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada kampas rem depan dan belakang, sehingga menghindarkan bunyi cit-cit pada rem.Terakhir manfaat mencuci motor yaitu, menjaga cat motor agar selalu tetap bersih, selalu indah warnanya dan bisa menjauhkan cat dari baret.

Tapi pasti banyak dari Anda yang biasanya lalai untuk membersihkan kolong mesin motor trail. Hayo mengaku? Seiring dengan penggunaan, apalagi jika medan yang ditempuh dalam kondisi basah, sudah pasti kotoran akan menumpuk pada area kaki-kaki atau kolong mesin.

Jika kondisi bagian bawah mesin motor trail Anda seperti ini, jangan dibiarkan saja. Karena kotoran atau lumpur yang menempel tebal pada bagian bawah, bisa menghambat pelepasan udara panas yang kemudian mengakibatkan temperatur dalam mesin menjadi lebih cepat meningkat. Apesnya mesin akan terkena overheat.

Lantas gimana sih cara membersihkan kolong mesin motor trail? Langkah pertama tentu saja membilas bersih semua kotoran dengan menggunakan air bertekanan tinggi. Langkah ini efektik untuk membersihkan kotoran yang menempel seperti lumpur tapi jika dilihat dengan seksama, tetap saja ada beberapa bagian pada kolong mesin motor trail yang kotor. 

Nah agar kembali kinclong, siapkan engine degreaser, sikat gigi bekas, lap bersih dan air bersih. Semprotkan engine degreaser hingga merata ke seluruh permukaan yang sudah dibasahi air.Sikat seluruh permukaan pakai sikat gigi bekas secara merata dan agak ditekan, supaya kotorannya rontok. Kemudian, siram seluruh permukaan pakai air bersih sampai kotorannya terlihat hilang. Terakhir, keringkan menggunakan lap bersih, bisa dilihat hasilnya, mesin menjadi kinclong.

Jarak tempuh yang jauh serta kondisi medan yang tidak menentu, biasanya akan membuat kusam tunggangan kesayangan Anda.  Dengan tips di atas, setidaknya motor trail  Anda bisa tampil keren dan bersih ketika digunakan kembali setelah berpetualang di jalur lintasan mudik.

 

comments

`