TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Jangan Mau Kalau Ditawari Ban 'Ghoib' Ya!

Tips & Tricks 01.08.2023

Jangan Mau Kalo Ditawari Ban Murah Ya


Saatnya pasti akan tiba, ketika motor trail Anda harus jajan dan menguras dompet Anda. Salah satu komponen yang biasanya cukup banyak menguras dompet adalah ban. Untungnya penggantian ban tidak dilakukan setiap bulan ya. Bayangkan uang yang harus dikeluarkan jika tiap bulan Anda harus mengganti sepasang ban depan dan belakang, bakalan auto bokek pastinya.

Nah Ban pada kendaraan bermotor merupakan salah satu piranti penting yang dapat menunjang performa hingga keselamatan. Nah berhubung harga ban baru terhitung cukup lumayan, maka ada beberapa pihak yang menjual ban rekondisi atau yang biasa disebut dengan nama ban vulkanisir. Ban rekondisi atau vulkanisir adalah ban yang bagian tapaknya dibuang (karetnya), kemudian disisakan sedikit untuk kemudian “ditambal” atau diberi lagi karet yang menyerupai tapak baru.

Jadi singkatnya adalah jika ada ban bekas yang sudah botak, maka bagian tapak atau yang botaknya akan dibuang tetapi tidak semuanya dibuang.  Kemudian bagian yang tadinya telah dibuang akan ditambal dengan karet baru untuk menggantikan tapak yang sebelumnya. Hanya tapak yang diperbaiki dalam teknik vulkanisir, sedangkan dinding ban tidak disentuh sama sekali.

Ban vulkanisir ini sangat tidak direkomendasikan pada sepeda motor, sebab performanya akan sangat berkurang. Selain itu, motor hanya punya 2 roda dan rentan terjatuh jiak salah satu roda dan ban mengalami kendala.

Jadi kalo Anda mendapatkan tawaran ban “baru” dengan harga super miring, patutt waspada nih. Jangan-jangan yang dijual adalah ban rekondisi. Ada beberpa ciri ban rekondisi yang bisa anda cermati, yang pertama adalah tapak ban atau kembang ban yang berbeda dengan seri ban. Ban yang beredar di pasaran  memiliki merek dan serie tersendiri dan tentunya memiliki desain yang berbeda-beda. Nah biasanya ketika suatu ban divukanisir, maka tapaknya cenderung berbeda dengan desain serie ban tersebut. Terbayang bukan? Jika misal desainnya adalah A, maka ketika divulkanisir, maka desain bisa saja berubah jadi B.

Selanjutnya yang biasa terjadi pada ban vulkanisir adalah tapak ban yang warnanya berbeda dengan dinding ban. Biasanya warna dari tapak ban akan lebih gelap, sebab tapaknya baru saja diganti, sedangkan warna dinding bannya cenderung lebih pudar atau kusam.

Dan yang paling membahayakan adalah handling motor yang tidak nyaman. Untuk ban vulkanisir pada motor, nampaknya handling akan sangat terasa tidak nyaman atau tidak enak. Karena motor cenderung tidak stabil, maka menggunakan ban vulkanisir akan sangat tidak direkomendasikan. Beberapa ban vulkanisir kurang melekat antara bagian tapak dan dinding, jadi bayangkan saja mengendari motor dengan kondisi ban yang “geol-geol”.  Demi keamanan dan kenyaman saat berkendara motor trail, kami sarankan Anda membeli ban baru di toko-toko yang sudah terjamin keasliannya. 

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Udah Tau Belum Kalo Sistem..

Sistem kelistrikan sepeda motor berfungsi vital untuk menghidupkan mesin, menerangi lampu (depan, belakang, sein), mengisi aki, dan mengoperasikan peralatan elektronik...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Pede Gak Bongkar Ring Piston..

Piston merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting. Komponen tersebut mampu mengubah panas menjadi tenaga penggerak. Itu karena piston...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Oo Jadi Ini Penyebab Indikator..

Pemilik motor trail dual sport pernah meratiin gak indikator yang ada di motor Anda? Coba cek lampu indikator motor Anda...