caption trialgame

Jangan Minder, Ini Kelebihan Shockbreaker Teleskopik!

Thursday, 19 August 2021

Jangan Minder, Ini Kelebihan Shockbreaker Teleskopik!


Hampir semua motor trail keluaran terbaru sudah menggunakan shockbreaker depan jenis upside down. Tapi bukan berarti jenis suspensi model teleskopik ditinggalkan. Biasanya suspensi jenis ini menempel pada motor trail kelas entry level bermesin kecil atau motor trail rakitan lokal.

Secara tampilan, memang motor trail dengan shockbreaker upside down terlihat lebih gagah, tapi bukan berarti shockbreaker teleskopik enggak punya kelebihan. Secara umum memang jika dibandingkan dengan shockbreaker upside down, shockbreaker teleskopik ini umumnya punya diameter as yang lebih kecil, namun kalau berbicara untuk motor trail kelas 150 cc, motor trail dengan shockbreaker depan teleskopik punya  as sok yang lebih panjang dari motor trail yang sudah pakai upside down.

Sebagai contoh shockbreaker depan Yamaha WR 155R, meskipun masih teleskopik, tapi berdiameter 41 mm dengan panjang 899,1 mm. Dibandingkan dengan kompetitornya, Honda CRF150L pakai shockbreaker upside down dengan diameter as 37 mm tapi panjangnya hanya 225 mm. shockbreaker depan yang tinggi ini membuat travel atau jarak main shockbreaker depan jadi lebih panjang yang bikin tidak mudah mentok.

Selain itu shockbreaker depan teleskopik ini punya diameter as yang lebih kecil dari shockbreaker upside down, jadi soal perawatan seperti servis dan settingnya tidak sulit. Dengan kata lain, perawatan shockbreaker teleskopik lebih terjangkau jika dibandingkan dengan shockbreaker model upside down.

Kendati memang saat ii sudah banyak bengkel yang bisa melakukan servis dan setting shockbreaker upside down, namun jumlahnya masih tetap lebih sedikit dibandingkan dengan bengkel yang bisa menerima shockbreaker model teleskopik. Anda yang gemar berpetualang ke luar kota tentu pernah mengalami betapa sulitnya mencari bengkel yang bisa memperbaiki shockbreaker upside down.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan shockbreaker teleskopik jika dibandingkan upside down. Jadi gak perlu berkecil hati jika motor trail Anda masih menggunakan shockbreaker teleskopik ya, masih kompeten kok.

 

comments

`