caption trialgame

Jangan Panik Kalo Jatuh Dari Motor Trail!

Tuesday, 7 June 2022

Jangan Panik Kalo Jatuh Dari Motor Trail!


Situasi yang semakin kondusif saat ini membuat hampir seluruh kegiatan mulai berangsur normal, tidak terkecuali trabasan di jalur offroad. Setelah hampir dua tahun sulit untuk melakukan kegiatan trabasan, kini semakin banyak orang yang kembali melakukan kegiatan ini.

Maklum saja menaklukkan jalur off road dengan sepeda motor trail memang menyenangkan dan menguras adrenalin. Selain menyenangkan, berkendara di jalur off road juga biasanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Tapi biasanya ada hal yang tidak mungkin terelekan jika Anda melakukan trabasan yaitu jatuh dari motor trail.

Medan yang tidak bisa diprediksi, ditambah lagi dengan skill yang tidak terasah akibat dua tahun di rumah saja, membuat probabilitas terjatuh semakin besar ketika sedang trabasan. Tapi jangan khawatir, buat Anda pendatang baru yang ingin trabasan atau veteran yang memang sudah lupa caranya trabasan, kami akan memberikan tips apa yang harus dilakukan saat terjatuh dari motor trail di lintasan offroad.

Yang pertama pastikan Anda menggunakan beragam safety gear saat trabsan ya, hal ini akan meminimalisir terjadi cedera atau luka saat Anda terjatuh dari motor. Ketika Anda terjatuh dari motor, jangan langsung mencoba untuk mendirikan motor ya, tunggu sampai kondisi Anda stabil, baru berusaha untuk mendirikan motor. Karena jika Anda mencoba untuk langsung, biasanya kondisi tubuh masih dalam keadaan shock dan tenaga belum terkumpul semua. Alih-alih bisa langsung mengangkat motor, yang ada pinggan Anda malah terkilir karena distribusi beban yang belum optimal.

Sebelum mengangkat motor, pastikan motor trail Anda dalam keadaan mati. Angkat motor dengan posisi tubuh membelakangi motor dan mendorong menggunakan otot kaki dan dibantu dengan kedua tangan. Hindari mengangkat motor dalam kondisi punggung membungkuk untuk meminimalisir cedera.

Jika kebetulan Anda trabsan bersama teman, alangkah baiknya meminta pertolongan mereka untuk mengangkat motor trail Anda.  Posisikan pengendara dan teman di kedua sisi motor yang berbeda untuk mengangkatnya. Mengapa harus berbeda posisi karena untuk membantu menyeimbangkan posisi motor saat mengangkat.

Berkendara di jalur off road memang lebih menguras tenaga dibandingkan berkendara di jalan raya, sehingga disarankan selalu menjaga stamina tubuh dan juga kondisi motor yang prima, berkendara dengan teman juga lebih baik.

 

comments

`