caption trialgame

Jangan Panik, Kenali Penyebab Matinya Lampu Motor!

Wednesday, 30 March 2022

Jangan Panik, Kenali Penyebab Matinya Lampu Motor!

 
Lampu headlight pada motor trail yang digunakan secara memiliki fungsi yang amat krusial. keberadaannya berguna untuk menerangi jalan saat gelap maupun memberikan petunjuk bagi pengendara lain. Selain headlight, motor trail yang digunakan secara harian juga memiliki lampu-lampu lain seperti lampu sein, dan lampu rem.

Lampu Sein yang terletak pada bagian kiri dan kanan ini berfungsi memberitahukan pengendara di depan ataupun di belakang bahwa Anda  akan menepi atau berbelok ke arah kanan atau kiri. Sedangkan lampu rem yang terletak di belakang tepat berada di tengah-tengah antara lampu sein kanan dan kiri, berguna untuk memberitahukan bahwa Anda  sedang mengurangi kecepatan atau melambatkan laju kendaraan. Intinya, semua lampu yang ada di motor memiliki fungsinya masing-masing dan bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Layaknya komponen pada sepeda motor, kadang ada saja masalah yang bisa terjadi pada lampu-lampu tadi. Nah lantas apa sih yang harus dilakukan jika salah satu atau semua  lampu pada motor trail Anda mati ? Kami coba ulas di bawah in iya. 

Yang pertama harus dicek adalah sistem relay. Relay pada motor berfungsi mirip dengan saklar listrik. Keberadaannya berguna untuk mengalirkan daya listrik dari sumbernya ke bagian-bagian motor yang membutuhkan aliran listrik. Lampu adalah salah satu yang tersambung dengan jalur relay ini. Nah, jika lampu motor And tiba-tiba mati. Kemungkinan besar terdapat masalah pada bagian relay-nya. Untuk itu, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian ini dan membersihkannya. Biasanya, lampu motor yang mati karena masalah pada relay disebabkan oleh komponen yang kotor dan berkarat.

Kemungkinan selanjutnya yang bisa saja terjadi adalah soket lampu yang nyaris atau malah sudah copot. Untuk memperbaiki masalah yang satu ini, Anda hanya perlu menyambungkannya kembali ke tempat semula. Pastikan Anda sudah memasangnya dengan tepat dan kuat. Sebab, socket yang terbuat dari bahan plastik memang cenderung lebih mudah mengalami kelonggaran sehingga dapat lepas sewaktu-waktu.

Lampu motor yang mati juga bisa disebabkan oleh kondisi akinya yang bermasalah. Sebab, bagaimana pun aki adalah sumber yang menyuplai daya listrik untuk seluruh komponen pada motor yang membutuhkannya. Jika aki motor soak, sudah jelas ini akan mempengaruhi kinerja arus kelistrikan pada motor. Termasuk pada bagian lampunya. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengecek kondisi aki motormu dan menggantinya setelah mencapai usia pakainya ya.

 Oh iya jika Anda sering melakukan modifikasi pada motor. Lebih baik cek kembali semua kondisi komponen kelistrikan yang ada di kendaraan. Pastikan semua kabel berada dalam kondisi baik dan terpasang semestinya. Sebab, sering kali orang-orang lupa memasang kembali beberapa kabel pada sepeda motornya setelah dimodifikasi. Sebaiknya, cek kembali lokasi pemasangan serta kondisi kabel dan pastikan tidak ada yang putus.

Nah yang terakhir, meski jarang tapi suka terjadi juga lho, yaitu bohlam motornya yang memang putus.  Jadi tidak ada salahnya membongkar bagian lampu yang mati dan mengecek kondisinya bohlamnya. Pada bagian ini, bohlam berfungsi sebagai pengubah daya listrik menjadi cahaya. Nah, bohlam lampu sendiri memiliki kapasitas tegangan listrik yang berbeda-beda saat diserap. Setiap motor pun juga memiliki klasifikasinya tersendiri terhadap tegangan bohlam lampu yang disarankan. Jika bohlam menyerap tenaga yang terlalu besar atau sebaliknya, hal ini akan memicu terjadinya kinerja yang kurang optimal.

 

comments

`