Jangan Ragu Buat Ganti Oli Sendiri!
Selain mencuci motor trail Anda, perawatan lain yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri tapi lebih sering menyerahkannya pada bengkel adalah ganti oli. Iya kan? Pasti hampir sebagian besar pembaca disini, lebih memilih mengganti oli di bengkel ketimbang mengerjakannya sendiri. Padahal pengerjaan penggantian oli ini bisa dilakukan di rumah dan caranya juga gak sulit kok. Gak percaya? okelah, kami akan jelaskan step by step-nya.
Yang pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kunci ring, tang, oli baru, corong oli, serta wadah penampungan. Usai semua peralatan siap, cara ganti oli motor selanjutnya dengan membuat mesin hangat. Ingat ya, hangat bukan panas. Kalau mesin terlalu panas, justru Anda bakal kesulitan saat melakukan proses ini. Tangan pastinya jadi tidak leluasa dalam membuka dan menutup baut. Begitu juga ada kemungkinan baut jadi cepat rusak, karena buka tutup baut dalam kondisi panas bisa menyebabkan ulirnya bermasalah.
Tapi jangan lakukan juga saat mesin dingin ya, misalnya saat tidak dipakai seharian, pasti mesin jadi dingin. Maka dari itu, ada baiknya mengaktifkan mesin beberapa waktu supaya hangat. Jika mesin dingin, biarkanlah mesin berputar stasioner selama 3 menit sampai 5 menit. Bila kondisi mesin dingin, maka oli jadi lebih kental dan sulit keluar. Oleh karenanya, penting untuk mesin dibuat hangat, supaya oli lebih cair.
Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dirikan motor trail Anda dengan standar tengah jika tidak ada, Anda bisa menggunakan stand pembantu ya. Kemudian letakkan wadah penampung di bawah mesin. Wadah ini bisa dari apa saja, baskom juga tidak masalah. Lalu copot baut oli mesin motor. Letak baut tersebut ada di bawah mesin.
Biasanya memang agak keras saat membuka baut tersebut. Oleh karena itu, jangan terlalu memaksa untuk memutar kunci ring saat posisinya tidak tepat.Pastikan dulu kunci ring sudah masuk ke baut secara benar. Setelah itu lakukan entakan kuat, sampai baut jadi longgar. Setelah itu, bukalah dengan tangan. Biarkan oli mengalir sampai habis dengan sendirinya. Tidak perlu pakai kompresor angin, karena justru bisa berbahaya untuk mesin. Pasalnya angin dari kompresor punya banyak kandungan air, sehingga bukan tidak mungkin mengendap di mesin dan jadi karat di kemudian hari.
Pasang pula baut tutup oli yang tadi dilepas pertama kali, tentunya setelah dibersihkan pakai lap terlebih dulu. Ketika membersihkan, cek juga kondisi karet seal dan berbagai komponen lain. Bila sudah kurang baik, maka harus diganti. Jika masih prima, artinya tidak masalah untuk digunakan kembali.
Setelah itu buka tutup tempat oli yang letaknya biasanya ada di atas mesin sisi kanan. Gunakanlah tang untuk melakukan proses ini, namun sebelumnya beri lapisan kain di tutup pengisian oli. Tujuannya supaya tidak terjadi kerusakan, karena umumnya komponen tersebut terbuat dari plastik. Ketika memasukkan oli mesin, Anda juga perlu menggunakan corong supaya tidak tumpah atau berceceran. Sesuaikan takaran oli dengan kepasitas mesinnya, jangan sapai luber ya. setelah selesai kencangakan kembali tutup tempat oli dan cek apakah semua baut sudah terpasang dengan benar. Usai semua baut terpasang dengan baik, selanjutnya tinggal panaskan mesin. Hal ini dilakukan agar oli baru bisa segera melumasi komponen secara maksimal. Anda dapat dapat memanaskan mesin selama tiga sampai lima menit. Setelahnya barulah motor trail dapat digunakan untuk berkendara seperti biasa.