caption trialgame

Jangan Sembarangan Main Copot Aki Ya!

Friday, 27 August 2021

Jangan Sembarangan Main Copot Aki Ya!


Aki merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan para pengguna motor trail. Secara umum, keberadaan Aki berfungsi untuk menghasilkan arus listrik yang mengaktifkan komponen elektrikal pada sepeda motor seperti starter motor, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrik lainnya.  Jika melihat fungsinya yang begitu vital, maka para pengguna motor trail harus benar-benar memperhatikan kondisi Aki agar motor trail dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

Ada kalanya Anda harus berhadapan dengan situasi yang mengharuskan untuk melepas aki motor. Tapi ternyata pencopotan kabeli aki tidak bisa sembarangan lho, karena salah-salah Anda bisa merusak komponen motor lainnya.

Untuk motor trail  yang masih berkarburator, buka penutup aki bila tersedia. Setelahnya bongkar aki dengan cara melepas dua baut yang ada pada aki tersebut. Tapi perlu diingat, jangan asal melepas bautnya dulu, sebelum itu pastikan kunci kontak dalam posisi Off.

Setelah itu, lepas terlebih dahulu kutub negatif (-) menggunakan obeng, baru kemudian lepas kutub positif (+). Untuk membedakannya, kutub (+) memiliki penutup baut berwarna merah sementara kutub (-) tanpa penutup atau bila ada warnanya hitam. Apabila kedua baut yang menjadi kutub negatif dan positif ini terlepas, maka aki motor lama sudah bisa dicopot dari dudukannya.  Kemudian saat memasangnya aki baru, lakukan dengan cara yang sebaliknya. Artinya pasang dahulu kutub positif (+) lalu baru kutub negatif (-).

Pada  motor trail injeksi, lakukanlah dengan cara yang sama. Mulai dari langkah-langkah melepas baut sampai memasangnya kembali.  Tapi perhatikan untuk proses pemasangannya. Usahakan jangan sampai terbalik kutub negatif dulu baru positif, sebab kalau terbalik berpotensi menimbulkan sengatan listrik.

Sebenarnya tidak ada hal yang terjadi kalau salah langkah membongkar atau memasang kabel ke aki. Hanya saja dengan melepas kutub negatif terlebih dahulu, meminimalisir terjadinya kontak listrik.  Sebab dengan melepas kutub negatif dulu, artinya sudah mengamankan arus listrik agar tidak terjadi kontak listrik ke tubuh manusia. Setelahnya amankan kabel kutub negatif tadi agar jangan sampai mengenai kabel lain atau benda metal lain yang ada di motor, kalau sampai bersentuhan maka menimbulkan sengatan listrik.   

comments

`