Jangan Sepelekan Kondisi Bearing Motor Trail
Bearing pada motor trail Anda adalah komponen yang digunakan untuk mendukung pergerakan berputar di antara dua bagian yang bergerak satu sama lain. Bearing berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen yang bergerak tersebut, sehingga memungkinkan roda atau bagian lainnya untuk berputar dengan lancar. Secara umum, bearing digunakan di berbagai bagian sepeda motor, termasuk roda, crankshaft (poros engkol), gearbox, dan komponen-komponen lain yang memerlukan pergerakan berputar.
Bearing terdiri dari dua bagian cincin dengan bola atau rol di antara keduanya. Ada berbagai jenis bearing, termasuk ball bearings (bearing bola), roller bearings (bearing rol), dan plain bearings (bearing datar atau geser). Masing-masing jenis bearing memiliki karakteristik dan kegunaan tertentu tergantung pada aplikasinya.
Anda sebagai pemilik motor trail, tentu harus memperhatikan kondisi bearing nih. Bahkan ada kalanya, pergantian bearing diperlukan. Pergantian bearing pada sepeda motor perlu dilakukan karena seiring waktu dan penggunaan, bearing dapat mengalami keausan atau kerusakan.
Beberapa alasannya yaitu, Saat bearing terus berputar, gesekan antara bola atau rol dengan cincinnya dapat menyebabkan keausan. Jika bearing mengalami keausan berlebihan, dapat mengurangi efisiensi dan menyebabkan penurunan kinerja sepeda motor, lalu kerusakan struktual yang akan mengakibatkan kebocoran pelumas, deformasi, atau bahkan kegagalan total bearing.
Umumnya, bearing di ganti ketika usia sepeda motor sudah lewat 3 tahun atau setiap kelipatan 4.000 km. Namun bisa juga lebih cepat, jika motor sering menerjang genangan banjir atau jalanan yang rusak. Nah jika sering dibawa trabasan, sering-sering deh ngecek kondisi bearing ya, daripada saat berpetualang mengalami kendala.
Bearing yang rusak dapat menyebabkan putaran roda menjadi tidak stabil dan mengakibatkan motor sulit di kendalikan, sehingga dapat beresiko kecelakaan. Kemudian Bearing yang seret membuat putaran roda tidak lancar, mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Nah jadi jangan malas untuk selalu mengecek kondisi motor trail Anda ya, semakin sering digunakan, apalagi untuk trabasan, semakin harus di waspadai kondisinya.