caption trialgame

Jangan Takut Belajar Motor Trail!

Thursday, 24 March 2022

Jangan Takut Belajar Motor Trail!


Saat ini populasi motor di Indonesia didominasi oleh motor skutik atau motor bebek. Nah motor trail memang sudah semakin populer namun rasanya masih akan sulit menyaingi popularitas dua jenis motor tadi. Karena hampir sebagian besar pengguna motor menggunakan motor matik atau bebek, maka biasanya akan terjadi kesulitan saat mereka akan mengendarai motor trail. Karena sistem kerja motor trail menggunakan kopling.

Mengendari motor kopling manual memerlukan teknik tersendiri untuk dikendarai. Ini memang sangat berbeda dibandingkan membawa motor matic atau bebek semi otomatis. Tapi biarpun begitu, untuk Anda yang belum pernah menyentuh kopling, jangan khawatir karena mengendarai motor trail bisa dipelajari dengan mudah melalui beragam tahapan. Apa saja sih tahapannnya? Simak ulasannnya ya.

Saat memulai, pastikan motor di posisi gigi netral, hidupkan mesin lalu tarik tuas kopling, injak tuas transmisi ke posisi gigi 1, kemudian putar gas bertahap sambil lepas tuas kopling perlahan.  Selama proses putar gas dan lepas tuas kopling lakukan secara perlahan, dan motor pun akan melaju secara bertahap dengan halus.

Jika motor sudah berjalan mulus, tangan bisa dilepaskan dari tuas kopling dan kembali tarik tuas hanya dalam keadaan tertentu.  Tuas kopling bisa kembali ditarik pada kondisi saat ingin naik dan turun gigi atau pada saat ingin berhenti.

Jika mesin motor mendadak mati saat dikendarai, jangan panik. Ini bisa disebabkan oleh kombinasi antara bukaan gas dan tuas  kopling yang tidak pas. Oh iya, kebiasaan meletakkan tangan di tuas kopling sebaiknya tidak dilakukan, karena dapat membuat kampas kopling motor cepat aus. Selain itu, laju motor jadi terasa tertahan kalau terlalu lama melepas tuas kopling meskipun gas sudah dibuka.

Supaya motor  bisa melaju dengan baik, naikkan gigi kalau putaran mesin sudah menyentuh limit,  kemudian turunkan gigi secara bertahap jika kondisi mulai melambat. Mengendarai motor kopling membutuhkan kesigapan dan pengendara harus menghindari perasaan cemas dan panik.  Nah selamat mencoba buat Anda yang ingin menjajal motor trail ya.

 

comments

`