caption trialgame

Jangan Takut Trabasan Di Lumpur!

Thursday, 6 January 2022

Jangan Takut Trabasan Di Lumpur!


Awal tahun ini hujan masih gemar mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Itu artinya, hampir sebagian besar lintasan offroad, akan basah dan biasanya akan tertutup oleh lumpur. Hal ini biasanya tidak akan menyurutkan semangat Anda untuk trabasan bukan? Biasanya malah makin bersemangat karena lumpur akan menambah keseruan saat berpetualang.

Untuk menghadapi lintasan berlumpur, Anda harus menyiapkan mental, skill serta tentu saja tunggangan Anda. Karena jika minim persiapan, bukan tidak mungkin petualangan Anda akan berakhir dengan singkat. Sebelum bergulat dengan lumpur, kami akan berikan kisi-kisinya agar Anda siap ya.

Ada dua jenis lumpur yang biasanya akan dihadapi dan keduanya akan mengacaukan kemampuan membalap anda dan motor trail kesayangan Anda. Yang pertama adalah lumpur cair. Lumpur jenis ini biasanya terjadi saat hujan deras. Pengalaman berlomba di lintasan yang memiliki lumpur seperti ini layaknya mandi di shower dengan air lumpur.

Tipe lumpur yang lain adalah lumpur gumpalan. Jenis ini yang biasanya akan menempel pada tubuh dan motor ada, serta akan membuat mesin lebih cepat panas dan beban motor menjadi lebih berat. Jenis lumpur seperti ini biasanya terjadi saat lintasan diguyur hujan satu hari sebelumnya. Terlepas dari jenis lumpurnya, motor trail Anda membutuhkan perlindungan untuk menghadapai medan jenis ini sehingga performa motor dan Anda bisa optimal dalam lintasan becek penuh lumpur.

Yang pertama kali harus dilakukan adalah melumasi seluruh bagian motor anda, kecuali  tempat duduk dan handle bar. Lumasi bagaian seperti spakbor depan, gir, rantai, bahkan kabel rem dan kopling. Hal ini dimaksudkan agar lumpur tidak menempel pada bagian-bagian tersebut. Jika lumpur menempel, sudah pasti beban dan kinerja trail tidak akan maksimal. Lumpur memang masih tetap akan menempel pada bagian motor Anda, namun tidak sebanyak jika tidak mengoleskan pelumas pada bagian-bagian tadi.

Jangan lupa untuk segera membersihkan trail Anda. Setelah selesai lomba, siram motor anda dengan menggunakan air dengan tekanan tinggi untuk merontokan segala lumpur yang menempel. Jika menunggu sampai besok, kami jamin lumpur sudah mengering dan membersihkannya memerlukan tenaga ekstra.

Dan persiapan yang paling utama bagi pembalap adalah kacamata goggle dengan teknologi roll off. Kacamata jenis ini akan mampu membantu anda melewati lintasan berlumpur dengan mudah, karena anda tidak perlu mengelap kaca untuk memndapatkan pandangan yang baik. Cukup tarik kabel dibagian samping, maka semua lumpur yang menempel akan segera jatuh. Pandangan yang tidak terhalang akan membuat Anda lebih mudah membaca situasi bukan?

Dalam melintasi sirkuit yang berlumpur, hindari bagian tengah lintasan. Ditempat inilah biasanya lumpur berkumpul. Ambil sisi luar lintasan dan pilih jalur anda dengan hati-hati. Ini berarti anda harus tetap menjaga pandangan ke dapan untuk melihat situasi. Anda memerlukan tarikan gas yang cukup untuk melewati lintasan berlumpur, jika anda terlalu pelan, bukan tidak mungkin akan terjebak dalam lumpur yang tebal. Usahakan agar kaki sesering mungkin berada dipijakan motor, hal ini untuk mengurangi lumpur yang menempel pada sepatu boots anda. Jangan lupa untuk selalu waspada dan hati-hati di lintasan berlumpur, karena teman Anda mungkin tidak sesiap Anda dalam menghadapi medan jenis ini.

comments

`