TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Jarang Diketahui Fungsi Lain Dari Oli Samping Motor Trail 2-Tak!

Teknis Kendaraan 26.10.2021

Jarang Diketahui Fungsi Lain Dari Oli Samping Motor Trail 2-Tak!


Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai perbedaan fungsi oli mesin pada motor trail 2-tak dan 4-tak. Dan pada artikel tersebut kami juga memberikan pengantar mengendai oli samping. Dan kali ini kami akan menjelaskan mengenai fungsi oli samping pada motor trail Anda. Berani taruhan Anda pasti hanya mengetahui sedikit saja mengenai hal ini.

Fungsi oli samping pada mesin 2- tak yang pertama adalah fungsi pelumasan. Oli samping merupakan oli yang langsung masuk kedalam silinder dan juga head deri mesin 2-tak. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan pelumasan pada bagian silinder, yang tentu saja tidak dapat dilakukan oleh oli mesin biasa. Sudah bukan rahasia umum, apabila mesin terutama bagian silinder adalah bagian yang memiliki gesekan yang sangat cepat, kuat dan dilakukan dalam waktu yang lama. Sehingga untuk mengoptimalkan gesekan yang terjadi pada bagian silinder, maka memerlukan pelumasan yang optimal.

Oli samping merupakan jenis oli yang bisa dilakukan penyetingan atau penyetelan. Artinya tingkat keborosan dari oli samping, serta jenis oli samping yang digunakan bisa disesuaikan dengan aspek dan juga kebutuhan motor. Semakin baik kualitas oli samping serta semakin pas penyetelan jumplah oli samping yang ikut masuk kedalam silinder dan terbakar, maka perfoma dari mesin 2-tak akan menjadi semakin optimal dan juga sempurna.

Kesalahan dalam penmyetelan dan kulitas oli samping yang buruk akan menyebabkan mesin menjadi ngebul, jelaga atau carbon menumpuk pada bagian head dan kepala piston. Serta akan menjadi lebih boros, baik dalam penggunaan BBM maupun penggunaan oli sampingnya.

Fungsi oli samping pada mesin 2 tak berikutnya adalah untuk menjaga perfoma bagian silinder dan juga head. Seperti yang kita ketahui silinder dan head membutuhkan pelumasan yang optimal, sehingga piston atau seher tidak mengalami kemacetan yang tentu saja akan mengganggu perfoma dari mesin 2 tak tersebut.

Nah kehabisan oli samping akan berakibat fatal. Hampir dipastikan ketikan mesin 2-tak bekerja tanpa menggunakan oli samping, akan menghancurkan bagian silinder, seperti baretnya bagian dinding silinder, ring piston yang aus serta kruk as yang semakin aus. Untuk mencegah terjadinya hal ini maka oli samping penting dan harus di cek kadarnya serta penyetelanya agar tidak menyebabkan bagian-bagian mesin menjadi aus dan rusak.

Tidak dapat pungkiri bahwa mesin 2 tak adalah produsen polusi tertinggi. Asap yang keluar, sebagian dari hasil proses pembakaran oli samping tidak jarang mengganggu orang. Oleh karena itu beberapa produsen oli samping menambahkan sedikit parfum ke dalam produknya. Agar asap dan hasil pembuangan mesin 2 tak menjadi lebih wangi, dengan jumplah asap yang sedikit sehingga tidak mengganggu orang lain. Nah benar kan ? ada beberapa fungsi oli samping yang pasti belum Anda ketahui sebelumnya.

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 16.09.25

Perlakukan Dengan Istimewa Ban Motor..

Perlakukan Dengan Istimewa Ban Motor Saat Dicuci ya Mencuci motor trail, apalagi jika habis dibawa trabasana, memang kebiasaan yang baik...

News
Teknis Kendaraan 16.09.25

Mana Lebih Mending, Rantai Kencang..

Mana Lebih Mending, Rantai Kencang Atau Kendor ? Selain butuh perawatan, rantai roda motor wajib dicek dan disetel secara berkala...

News
Teknis Kendaraan 16.09.25

Lakukan ini Biar Aki Kering..

Lakukan ini Biar Aki Kering Lebih Awet Aki (accu) atau baterai pada kendaraan terbagi jadi dua jenis. Di pasaran, istilah...