caption trialgame

Jatuhkan Pilihan Pada Motor Trail Dual Sport Yang Tepat

Friday, 28 April 2023


Motor trail dual purpose atau dual sport adalah jenis motor trail yang paling diminati di Indonesia. Maklum saja banyak penggemar motor trail yang melakukan trabasan di waktu luang saja, dan sisanya mereka gunakan untuk kegiatan harian.

Kategori  motor trail dual purpose atau dual sport memang cukup unik. Motor trail jenis ini dirancang untuk melibas medan off road namun tetap garang di jalan aspal. Biasanya motor trail jenis ini lebih baik performanya di jalanan kota, terutama saat jalanan rusak akibat hujan atau banjir, tentunya. Tetapi memilihnya akan sangat bergantung kepada kebutuhan berkendara Anda.

Ada beberapa pilihan motor trail dual sport yang beredar di Indonesia, baik yang rilis massal maupun yang build up. Nah kami mencoba merangkung beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih jenis motor dual purpose terbaik yang sesuai dengan keperluan berkendara Anda. Apa saja sih yang harus diperhatikan?

Yang pertama adalah suspensi. Secara umum semakin tinggi travel suspensi artinya semakin baik. Paling tidak 150 mm sebagai minimal, dan 300 mm sebagai ukuran maksimum suspensi. Motor trail dual purpose yang Anda pilih nanti  tentua akan menembus rute off-road. Fairing, deflektor depan, dan tambahan komponen tidak dibutuhkan. Pilihlah model dengan rancangan sederhana. Pastikan juga motor tersebut memiliki pelindung bodi dan skidplate untuk mencegah mesin rusak akibat terjadinya benturan pada medan offroad. 

Pilih motor trail yang dilengkapi dengan mesin  yang berspesifikasi stroke panjang, yang selaras dengan mesin bertorsi tinggi. Ingat torsi besar penting untuk menaklukan beragam rintangan. Oh iya Motor trail dual purpose dilengkapi dengan gir pertama berasio rendah yang cukup untuk merayap dan gir tertinggi berasio tinggi yang cukup untuk berkecepatan di jalan raya.  Jadi sesuaikan dengan keperluan Anda ya, di jalan raya atau di medan offroad.

Pilih motor trail yang dilengkapi dengan ban yang bisa berkompromi, baik itu di  jalan raya maupun offroad. Perhatikan performa ban terutama saat pengereman, ban jalan raya tak cukup baik cengkeramannya di jalur off-road. Posisi knalpot pada motor trail dual purpose harus tinggi untuk menghindarkan dari bahaya terantuk ujung lubang jalanan, dan lebih penting lagi tak berisik serta menggangu orang sekitar Anda.

Agar bisa digunakan di jalan raya, maka motor trail dual purpose harus dilengkapi dengan beragam kelengkapan seperti lampu utama, sein, spion, klakson, dan tempat untuk menempatkan plat nomor.


 

 

comments

`