caption trialgame

Jitu Usir Pegal Saat Bermotor Trail Jarak Jauh

Wednesday, 17 April 2024

Jitu Usir Pegal Saat Bermotor Trail Jarak Jauh


Udah pernah ngerasain naik motor trail jarak jauh? Bagi Anda yang gemar touring ada sering mudik dengan menggunakan motor, pasti pernah merasakan betapa tidak nyamannya jok motor trail Anda jika digunkana untuk perjalanan jauh dalam jangka waktu yang lama.

Maklum saja, berbagai produsen sepeda motor di Indonesia rata-rata memberikan jok motor dengan bahan yang kurang nyaman. Bahkan material busanya terbilang cukup keras dan gampang membuat bagian bokong terasa cepat panas dan sakit. Trus gimana dong biar jok motor bisa lebih nyaman? Ada beberapa tips nih, kami bakal jelaskan di bawah ini ya.

Cara pertama untuk membuat jok motor jadi lebih empuk adalah dengan mengganti busa bawaan pabrik dengan bahan baru. Langkah ini menjadi cara yang paling mudah dilakukan dan paling banyak dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Bahkan cara ini cenderung terbilang jadi salah satu yang tercepat dibandingkan dengan beberapa cara lain yang ada. Anda bisa mendatangi bengkel khusus jok sepeda motor untuk melakukan penggantian busa ini. Nantinya Anda akan ditawari beberapa pilihan busa yang tersedia. Salah satu yang terkenal adalah bahan latex.

Busa bahan latex memiliki tekstur yang empuk, membal, dan tidak mudah kempes dibanding busa bawaan pabrik. Kelebihan dari busa jenis ini juga cepat dalam melepas panas karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Umumnya busa latex ini banyak dijual di berbagai toko online dengan harga bervariasi mulai dari Rp100 ribuan hingga Rp250 ribuan per lembarnya. Supaya jok motor bisa lebih empuk dan nyaman, Anda bisa memasang busa jenis ini sebanyak 2 lapis.

Cara kedua agar jok motor bisa jadi lebih empuk bisa dengan mengganti bahan kulit pelapis pada jok. Umumnya pelapis jok kulit pada motor terbuat dari bahan kulit sintetis karena dinilai punya ketahanan yang sangat baik dibanding bahan kulit. Bahan jenis ini dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan, khususnya otomotif.

Enaknya lagi, pelapis kulit bahan ini tidak memiliki pori-pori, punya anti UV, dan memiliki usia pakai yang jauh lebih panjang dibanding kulit. Biayanya yang dikeluarkan untuk mengganti pelapis umumnya juga tak semahal dibanding menambahkan atau mengganti busa jok. Jangan lupa untuk memilih bahan yang lentur supaya karakter busa tidak terasa kaku saat diduduki.

Ketika dipasang, usahakan untuk tidak memasang kulit terlalu kencang dengan dudukan busa jok yang di staples. Tujuannya agar terdapat ruang untuk elastisitas ketika diduduki oleh pengendara sehingga akan terasa nyaman.

Kemudian cara lain untuk membuat jok motor bisa jadi lebih empuk adalah dengan menambahkan lapisan gel. Cara ini bisa dibilang jadi metode terbaru dan paling modern yang sering dilakukan kalangan modifikator. Tapi sayang, harga gel untuk jok sepeda motor ini cenderung mahal bagi sebagian orang yang ada.

Gel ini berbeda dibandingkan dengan busa konvensional yang banyak digunakan di sepeda motor.Di pasaran harga gel untuk jok sepeda motor bervariasi, mulai dari Rp400 ribu hingga jutaan per lembarnya.

 

Per lembar biasanya dijual dengan ukuran 25 x 25 x 25 cm atau berbentuk persegi yang bisa dipasang di berbagai jok. Keunggulan bahan ini yakni mampu membuang panas dan akan terasa nyaman saat diduduki berlama-lama.

Bicara soal empuk, bahan gel dan latex sama-sama memiliki kontur yang membal. Namun harus diakui latex lebih empuk dibanding gel. Hanya saja gel jauh lebih baik untuk urusan membuang panas saat diduduki berlama-lama di atas motor.

Lapisan gel ini biasa digunakan pada motor-motor premium atau moge untuk keperluan jarak jauh seperti touring. Salah satu merek gel jok motor empuk yang terkenal adalah Luimoto yang per lembarnya dibanderol Rp450 ribu hingga jutaan. Nah jadi pilih yang mana nih ?

 

comments

`