caption trialgame

Jual Trail Bekas Jangan Takut Ditawar Murah!

Tuesday, 25 May 2021

Jual Motor Trail Bekas Jangan Takut Ditawar Murah


Maraknya beragam jenis motor trail yang beredar di tanah air membuat para penggemar motor garuk tanah memiliki beragam pilihan dalam membeli motor. Namun biasanya para penghobi ini jarang membeli motor baru tanpa menjual motor lama mereka terlebih dahulu.

Nah biasanya dalam proses jual beli, akan ada proses negosiasi dimana pihak pembeli akan berusaha menawar dari harga yang sudah ditawarkan. Hal ini lumrah terjadi dan jangan sakit hati jika ternyata banyak tawaran yang kelewat sadis. Untuk itu Anda harus memiliki argumen dan bukti yang meyakinkan bahwa harga yang Anda tawarkan sudah sangat sesuai dengan kondisi motor. Apa saja sih yang harus disiapkan? Simak ulasannya ya.

Yang utama tentu saja adalah dokumen kendaraan  yang lengkap. Yang ini sudah jadi syarat wajib bagi siapa saja yang ingin menjual motor bekasnya. Kkelengkapan administrasi mulai dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), hingga faktur jadi faktor yang menentukan harga jual. 

Faktur biasanya menjadi sesuatu yang disepelekan,  padahal kalo tidak ada faktor harga jual biasanya berkuranga sampai 350 ribu lho. Faktur ini, sangat penting untuk proses jual kembali dari dealer. Sebab, mayoritas pembelian dilakukan secara kredit. Ini jadi salah satu syarat pengajuan kredit ke pihak leasing. Oh iya pastikan juga juga pajak kendaraan Anda tak bermasalah ya.  Lalu bagaimana dengan motor enduro atau special engine yang memang tidak dilengkpai dengan STNK dan bpkb? Biasanya pihak dealer akan membekali dengan kwitansi jual beli serta faktur juga kok.

Selain dokumen yang harus lengkap, kemulusan body berpengaruh terhadap nilai jualnya.  Jika motor trail Anda kerap diajak trabasan dan memiliki banyak oleh-oleh berupa goresan, sebaiknya poles dulu body hingga terlihat minim baret atau tidak memiliki asesoris yang rusak. Nah, usahakan juga sparepart fast moving Anda dalam keadaan baik. Maksudnya, saat dicek oleh pedagang tak jadi alasan untuk menurunkan harga nya. Ini bisa Anda cek dari ketebalan kampas rem, keausan ban, lampu-lampu, dan yang lainnya.

Setelah itu pastikan juga bahwa motor trail Anda masih memiliki sparepart aslinya. Jika memang sudah  melakukan modifikasi ada baiknya saat dijual sertakan pula semua barang orisinalnya. Ary mengatakan, ada stigma negatif dari konsumen jika kendaraan sudah dimodifikasi.

Nah pastikan Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, karena jika sudah maka pembeli akan minim celah untuk menawar secara sadis motor Anda. namun yang paling penting adalah bersabar, karena menjual motor tidak semudah menjual kacang goreng ya.

comments

`