caption trialgame

Kawasaki 'Moge' Adventure Bangkit Lagi! Honda Tak Tinggal Diam?

Tuesday, 2 February 2021

Kawasaki 'Moge' Adventure Bangkit Lagi! Honda Tak Tinggal Diam?


Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, nama BMW, Triumph, KTM, atau Honda lebih sering terdengar di motor enduro kelas menengah. Padahal sebelumnya Kawasaki pernah punya satu andalan yaitu KLR650, yang telah hadir sejak tahun 1987. Tapi sejak 2018 silam, Kawasaki menghentikan produk ini dan banyak penggemar Enduro yang mulai melupakannya,

Nah di luar dugaan, ternyata Kawasaki bakal meluncurkan kembali motor jenis ini dengan kode KLR650 MY 2022. Konsep yang dipakai pun tetap seperti motor klasik mereka yaitu mentah dan liar. Konon motor ini tidak banyak dijejali beragam teknologi baru sehingga Anda bakal merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan motor sejenis.  

Untuk bagian mesin, Kawasaki memilih mempertahankan konstruksi piston tunggal. Mesin 652 cc itu sekadar ketambahan sistem injeksi DFI. Maklum saja generasi sebelum masih mengandalkan karburator. Dan sisanya berupa setingan sederhana. Menguatkan torsi di putaran tengah. Serta menyempurnakan jalur pembuangan dan cam chain.

Tidak ada girboks canggih dengan quick shifter atau assist dan slipper clutch seperti beberpa rivalnya. Rangkaian gigi lima percepatan manual konvensional dipertahankan. Hanya saja ada ubahan rasio pada gir ketiga sampai kelima. Serta mekanismenya dibuat lebih halus, demi memudahkan pengendara bermanuver.

Untuk urusan handling kini didukung dengan struktur utama terintegrasi. Tadinya, subframe dan main frame terpisah. Kini keduanya menyambung dalam satu kuncian kokoh. Tentu demi mengejar kekakuan dan akurasi pengendalian. Namun perlu dibuktikan lagi soal fleksibilitas. Lantaran motor enduro juga bertugas menyelesaikan medan berat nan dinamis. Tak cuma itu, swing arm memanjang 30 mm, stang makin lebar 10 mm, serta footpegs diletakkan lebih rendah. Supaya pengendara nyaman. Kawasaki memilih untuk memperbesar single disc brake depan jadi 300 mm. Ini lebih besar 20 mm dari sebelumnya. Sementara disc brake 240 mm belakangnya, lebih tipis 1 mm guna membuang hawa panas lebih baik. Selebihnya KLR mengalami update tak begitu signifikan.

Disisi lain, ternyata sang kompetitor yakni Honda juga tak tinggal diam karena resmi memasarkan tipe CRF1100L Africa Twin Adventure Sports untuk kelas high end motor trail mereka. Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports merupakan varian CRF tertinggi di Indonesia dan memiliki dua versi yaitu Manual dan Dual Clutch Transmission (DCT). Jika versi pandahulunya memilii kapasitas mesin 998 cc, sekarang menjadi 1.084 cc.

Untuk jantung mekanisnya berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan. Diameter langkahnya 92 x 81,5 mm dengan rasio kompresi 10,1:1. Mampu menghasilkan tenaga maksimal 101 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 105 Nm di putaran 6.000 rpm. Karakter sepeda motor ini memiliki tenaga yang kuat di semua putaran mesin.

Jadi, kamu lebih pilih KLR650 atau CRF1100L Africa Twin? Tentukan pilihanmu ya.

 

comments

`