caption trialgame

Kembali Dari Liburan Jangan Lupa Perawatan

Wednesday, 17 April 2024

Kembali Dari Liburan Jangan Lupa Perawatan


Gimana liburan lebarannya guys? Seru kan? Buat Anda yang mudik lebaran menggunakan motor trail kesayangan, udah pasti banyak pengalaman yang gak terlupakan dong. Motor trail yang biasa digunakan untuk harian, jika kembali dari perjalanan jauh seperti mudik, ada beberapa hal lho yang harus Anda perhatikan. Hal ini perlu dilakukan agar saat Anda kembali beraktivitas secara normal, performa motor masih tetap prima.

Hal pertama yang harus lakukan adalah mencuci motor. Setelah menempuh perjalan jarak jauh maka bodi motor pasti dipenuhi kotoran. Untuk menghindari kerak yang menempel pada sepeda motor, maka sebaiknya segera dicuci.

Kemudian ada baiknya Anda melakukan penggantian oli mesin guna menjaga performa motornya tetap prima. Idealnya oli mesin diganti setiap 4.000 km (maksimal) atau sesuai dengan jadwal di buku service. Tapi alangkah lebih baik sehabis perjalanan jauh segera lakukan penggantian oli mesin. Anda pasti bakal merasakan tarikan mesin yang lebih enteng.

Perjalanan jarak jauh juga akan membuat banyak kotoran menempel pada filter udara. Kondisi saringan udara yang kotor akan membuat motor menjadi tidak bertenaga dan boros bahan bakar. Langkah berikutnya ialah melakukan pengecekan busi. Idealnya busi memang perlu dicek setiap 4.000 km dan diganti setiap 8.000 km. Namun, jika ditemukan tanda-tanda busi mengalami kendala sebaiknya langsung diganti. Oh iya intensitas pengereman yang tinggi pada saat melakukan perjalanan jauh membuat rem cepet haus. Khususnya kampas rem yang mulai menipis. Jadi lakukan pengecekan pada komponen ini, segara lakukan penggantian kampas jika dirasa sudah menurun kinerjanya.

Ban yang sudah tipis karena habis terpakai dapat membahayakan bagi pengendara. Secara petunjuk pemakaian, cek kondisi ban setiap 4.000 km. Tak kalah penting ialah memastikan tekanan angin mencukupi.

Tidak kalah penting adalah cek kondisi gear dan rantai apakah kendor atau terlalu kencang. Rantai yang terlalu kendor atau kencang dapat merusak beberapa sistem gear serta membahayakan. Lakukan penyetelan ulang terhadap rantai, biasanya perjalanan jauh membuat jarak ayun rantai sedikit mengendur. Namun jika ternyata rantai motor trail Anda sudah tidak bisa dikencangkan kembali, sebaiknya langsung ganti saja ya.

Nah jika sudah melakukan hal-hal di atas, rasanya motor trail Anda bakal kembali ke performanya, dan Anda siap kembali beraktivitas.

comments

`