caption trialgame

kena basah hujan, kok rantai malah kering?

Wednesday, 7 December 2022

Musim Hujan Rantai Motor Kok Malah Kering


Anda  tentunya sudah tahu dan paham kalau rantai menjadi salah satu komponen yang memiliki peran penting sebagai penggerak pada sepeda motor. Nah, perlu diketahui jika memasuki musim hujan, ternyata rantai motor butuh perawatan ekstra.

Karena saat musim hujan tiba, rantai motor akan lebih cepat kering karena tersapu air hujan. Selain itu, air hujan yang bersifat asam juga mempercepat proses korosi pada rantai yang akan mengakibatkan karat pada rantai. Air hujan juga dapat mengikis lapisan chain lube atau oli rantai.

Jika rantai sudah kering cenderung akan mengakibatkan rantai jadi lebih menegang, artinya geraknya tidak bebas karena gaya geseknya besar, sehingga akan mempengaruhi kenyamanan berkendara. Ditambah lagi rantai yang rawan kotor hingga lebih mudah berkarat dan menyebabkan berisik ketika motor melaju.

Untuk menanggulangi hal tersebut akibat hujan tidak terjadi, perlu perawatan yang sebenarnya mudah. Sesudah Anda berkendara dalam keadaan kehujanan, biasanya rantai cenderung menjadi kering, jika itu terjadi cukup dikasih pelumas khusus rantai atau chain lube. Saat pelumasan rantai motor, hindari menggunakan oli bekas, karena justru akan malah memberikan efek negatif pada rantai. Karena pada oli bekas ada gram-gram atau kotoran sisa dalaman mesin, itu akan merusak rantai. Daripada pakai oli bekas, sebagai alternatif bisa juga pakai oli gardan motor matik atau solar untuk menghilangkan korosi karena solar agak lembut.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin menyetel ketegangan rantai agar tenaga dari mesin dapat tersalurkan dengan maksimal atau optimal. Minimal seminggu dua kali dilihat kondisi rantai, kalau kering jangan tunda untuk melumasi.

comments

`