caption trialgame

Kenalan Dengan Istilah Water Hammer

Sunday, 12 January 2020

Setiap kali ada banjir melanda, muncul kembali istilah water hammer. Kalau diartikan, water hammer itu merupakan kondisi di mana air masuk ke ruang bakar dan tidak bisa dikompresi seperti bahan bakar.Dalam kondisi yang tidak terkompresi itu, air tetap ‘keras’ seperti besi dan kalau mesin dipaksa untuk nyala, akibatnya bisa fatal.

Salah satu lokasi favorit masuknya air ke dalam ruang bakar, adalah melalui lubang knalpot. Namun air juga bisa masuk dari filter udara menuju ruang bakar dan berakibat water hammer.

Water hammer bisa membuat part di dalam mesin rusak. Diantaranya piston pecah dan setang piston bengkok. Seperti sudah disebutkan Water hammer itu disebabkan oleh air yang ikut terkompresi di dalam ruang bakar. Karena air yang terkompresi di ruang bakar akan menjadi keras seperti batu yang bisa membuat piston pecah atau setang piston bengkok.

Salah satu yang menyebabkan water hammer adalah mencoba menyalakan mesin motor yang habis terendam banjir. Makanya saat setelah motor terendam banjir enggak boleh langsung menyalakan mesin motor.

Hal pertama yang harus dilakukan setelah motor terendam banjir adalah membuang oli dan air yang ada di dalam mesin lewat lubang oli dan lubang busi. Keluarkan oli dan airnya terlebih dahulu jangan langsung dinyalakan. Takutnya ada air yang terperangkap dan sebabkan water hammer.

Jika terjadi water hammer otomatis mesin tidak akan bisa dinyalakan dan butuh biaya ekstra untuk perbaikan. Lakukan juga flushing di mesin dengan oli baru sampai oli mesin tampak normal tidak menyisakan bekas air atau kotoran.

Nah jadi jika motor trail Anda terendam banjir, jangan langsung sembarangan digunakan ya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah-salah terburu-buru mengunakan bisa berakibat fatal yang membuat Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi.

comments

`