caption trialgame

Kenalan Dengan Motor Trail Legendaris Husqvarna

Friday, 29 May 2020

Kenalan Dengan Motor Trail Legendaris Husqvarna


Nama pabrikan motor trail Husqvarana sudah pasti tidak asing bagi para pecinta otomotif. Pabrikan asal Swedia ini sudah memproduksi motor sejak tahun 1903, dan hingga saat ini motor-motor enduro produksi mereka terhitung salah satu motor trail high end yang banyak diburu oleh para penggemar motor trail.

Dalam rentang waktu lebih dari 100 tahun sejak pertama kali diproduksi, tentu saja sudah banyak jenis motor yang mampu membuat impresi lebih. Dan salah satu jenis motor legenda yang pernah diproduksi oleh pabrikan yang kerap disebut dengan nama Husky itu adalah Husqvarna 400 Cross.

Motor yang diproduksi pada tahun 1970 ini merupakan salah satu motor enduro tersukes pada era-nya. Terhitung 14 gelar juara motocross dan 24 gelar juara lomba enduro, berhasil diraih oleh beragam pebalap yang menggunakan motor trail ini di dekade 70an.

Sebenarnya banyak juga beragam jenis motor lain yang berhasil memenangkan beragam macam jenis kejuaraan, namun yang membuat motorHusqvarna 400 Cross berbeda dari yang lain adalah penampilannya dalam film On Any Sunday.

Dalam film dokumenter besutan sutradara Bruce Brown, membeberkan balapan motocross yang saat itu kurang populer di kalangan industri otomotif namun banyak memiliki penggemar. Dan tentu saja yang membuat Husqvarna 400 Cross menonjol dibandingkan oleh motor trail lain di film ini adalah Steve Mcqueen.

McQueen adalah aktor legendaris Hollywood yang memang merupakan penggemar motor, dan sepanjang film ini dia menggunakan motor Husqvarna 400 Cross produksi tahun 1970. McQueen sendiri pada era itu merupakan salah satu komoditi terpanas Hollywood dengan beragam film-film seperti The Great Escape, The Cincinnati Kid, Love With the Proper Stranger, The Thomas Crown Affair, Bullitt, The Getaway dan masih banyak lagi.

Imbasnya, penjualan motor trail Husqvarna 400 Cross ikut menanjak, dan nyaris setiap orang yang ingin membeli motor trail memilih motor trail jenis ini. Dan sebagai pentasbihan status legenda, AMA Motorcycle Hall of Fame memasukan motor ini ke dalam katalog miliki mereka.

Di tahun 2018 lalu, motor Husqvarna 400 Cross yang ditunggangi oleh Steve McQueen laku terjual dengan harga menebus 230 ribu dollar. Uniknya pemiliknya mengatakan dia mendapatkan motor ini hanya dengan harga 1500 dollar saja dalam sebuah lelang di tahun 2008, karena saat itu tidak ada yang mengetahui bahwa motor tersebut merupakan motor asli yang dimiliki dan digunakan oleh Steve McQueen dalam film On Any Sunday.

comments

`