caption trialgame

Kenalan Yuk Sama Fluid Tube

Friday, 26 July 2019

Komponen yang menempel pada motor sudah pasti telah mengalami beragam tahap riset dan ujicoba, agar performa motor, serta keamanan pengendara terjaga. Namun ada kalanya, komponen bawaan pabrik harus dimodifikasi atau diganti, untuk mengurangi bobot motor agar performanya semakin ciamik.

Nah tahukah Anda bahwa ternyata, tabung dan selang minyak rem belakang bisa diganti dengan suatu alat yang bobotnya jauh lebih ringan. Yup, betul memasang fluid tube pada rem belakang motor ternyata bisa mengurangi sedikit bobot motor. Dalam dunia balap, pengurangan bobot, bisa berarti banyak pada performa motor lho.

Fluid tube untuk rem belakang motor berfungsi menggantikan selang dan tabung minyak rem standar pabrik.Dirancang khusus untuk penggunaan balap, tampilan fluid tube memang tampak seperti hanya selang transparan biasa yang disambung ke master rem belakang.

Fluid tube sendiri fungsinya sama seperti tabung minyak rem cakram belakang, hanya beda bentuknya saja.Meski bukan selang biasa, cara pasang fluid tube di rem belakang motor terbilang simpel dan dapat dikerjakan sendiri di rumah.

Pertama minyak rem perlu dikuras terlebih dahulu, tujuannya supaya tidak berceceran dan proses penggantian lebih mudah. Jika dilakukan sendiri, proses kuras dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu kuras melalui tabung reservoir atau lubang hawa di kaliper rem.Supaya bisa diakses, siapkan obeng plus untuk membuka tabung minyak rem atau kunci pas 8 mm dan selang bening untuk membuka lubang hawa.Selanjutnya cukup kendurkan klip pengikat selang menuju tabung reservoir yang letaknya ada di master rem.

Kalau sudah, pasang klip pengikat fluid tube di master rem dan isi kembali minyak rem melalui selang tersebut. Pastikan lubang hawa tertutup dan cairan sudah terisi cukup agar proses bleeding atau buang angin rem bisa dilakukan.Proses bleeding dilakukan dengan cara pompa tuas rem hingga terasa padat dan tidak ada gelembung udara di sistem pengereman.Terakhir, jangan lupa kencangkan lubang hawa kaliper dan tes fungsi rem dahulu sebelum motor kembali digunakan.

Oh iya fluid tube juga memiliki bahan yang kuat untuk penggunaan minyak rem DOT 5.Karena dirancang untuk balap, fluid tube juga tahan diisi pakai minyak rem DOT 5 yang punya titik didih tinggi. Punya bentuk yang lebih praktis dilepas pasang, proses penggantian minyak rem juga bisa lebih mudah dilakukan. Sedikit catatan, dalam penggunaan jangka panjang, minyak rem dapat bereaksi dengan fluid tube sehingga slang dapat berubah warna dan tampak memutih.

Fluid tube sifatnya universal dan harga yang ditawarkan biasanya berkisar sampai 500 ribu rupiah lho. Nah bagi yang penasaran ingin mencoba memasang komponen ini pada motor trail, jangan lupa siapkan budgetnya ya.

comments

`