caption trialgame

Kenali Fungsi Cairan Ini Untuk Perawatan Motor Trail

Sunday, 30 June 2019

Motor Trail yang terawat akan memberikan perfoma optimal dan keamanan bagi mereka yang mengendarainya. Anda harus rajin membersihkan serta merawat komponen-komponen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah salah satu cara untuk mencegah terjadinya kerusakan adalah dengan menggunakan cairan penetrant sebagai pelengkap perawatan motor trail Anda. Cairan Penetrant memiliki banyak kegunaan untuk komponen motor trail. Salah satu fungsi penetrant adalah untuk mengurangi gesekan antara komponen logam yang satu dengan lainnya dan untuk mencegah keausan. Selain itu masih banyak kegunaan pokok dari cairan penetrant ini, nah kami akan mencoba menjelaskan fungsi lainnya dari cairan ini, simak bersama ya.

Sesuai dengan namanya, cairan ini tentu saja memiliki sifat penetrasi. Sebagai contoh untuk membuka baut ban yang keras, dibutuhkan cairan yang mampu masuk ke dalam rongga-rongga yang sangat kecil sekali pun. Cairan Penetrant harus memiliki fungsi yang mampu menyebar dan masuk ke dalam celah terkecil. Terlebih pada saat-saat tertentu, seperti musim hujan, ada kalanya saat mur pada ban dan bagian-bagian kecil lainnya sangat sulit dibuka karena terkena air kotor dari jalanan. Di sinilah, fungsi cairan Penetrant sebagai pelunak dibutuhkan.

Selain berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin agar tidak terjadi gesekan, cairan penetrant juga berguna untuk melumasi bagian engsel motor, seperti kopling dan tuas kopling untuk melindunginya dari keausan. Selain itu, fungsi Penetrant lainnya untuk melumasi rantai agar rotasi pada rantai berjalan dengan lebih lancar.

Semakin bertambahnya usia mesin, bagian-bagian mesin tertentu dapat mengalami korosi atau karat. Hal ini dapat ditanggulangi dengan cairan Penetrant, karena cairan Penetrant juga bisa berfungsi sebagai anti karat. Menanggulangi karat pada mesin motor trail yaitu, mesin dan bagian-bagiannya harus selalu dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel agar kinerjanya tidak terganggu.

Rajin memeriksa kondisi mesin dan memastikannya agar masih dapat bekerja secara optimal dan baik. Juga, harus selalu secara rutin diberikan cairan Penetrant pada mesin dan bagian-bagiannya seperti rantai, jeruji ban, dan bagian lainnya yang rentan mengalami karat.

Selain berfungsi untuk mengurangi gesekan antara logam, cairan penetrant juga berfungsi sebagai pembersih. Mesin motor trail memiliki bagian-bagian kecil yang sulit untuk dibersihkan. Di sinilah cairan Penetrant yang mampu memasuki rongga-rongga kecil di antara bagian-bagian mesin memiliki peran penting dalam membersihkan bagian tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang mampu mengganggu kinerja mesin.

Mengendarai motor trail, terkadang harus melewati medan basah. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja mesin yang menyebabkan tidak dapat berfungsi secara optimal. Cairan penentrant dapat membantu menghilangkan kelembaban yang ada pada busi dan bagian-bagian mesin lainnya untuk mencegah mengalami mogok saat melahap lintasan basah.

comments

`